IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN 12 DUSUN BESAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ibrahim, Ibrahim
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author Eko, Eko
dc.date.accessioned 2023-08-03T00:55:52Z
dc.date.available 2023-08-03T00:55:52Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3470
dc.description.abstract Berdasarkan observasi di SDN 12 Dusun Besar, ditemukan beberapa siswa yang heterogen, terdiri dari berbagai latar belakang yang majemuk dan beragam, baik dari agama, suku, ras, bahasa, maupun jenis kelamin. Di antaranya adalah Islam dan Khonghucu, kemudian terdiri dari etnis Melayu, Cina, dan Jawa. Di kelas V SDN 12 Dusun Besar terdapat 11 orang yang masing-masing beragama terdiri dari Islam 9 orang dan Khonghucu 2 orang, kemudian etnis Melayu 7 orang, China 2 orang, dan Jawa 2 orang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi implementasi dari pendidikan multikultural untuk menumbuhkan sikap toleransi peserta didik di SDN 12 Dusun Besar Kecamatan Pulau Maya, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian bentuk kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran PKN, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan tahapan analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendidikan multikultural di SDN 12 Dusun Besar Kecamatan Pulau Maya untuk menumbuhkan sikap toleransi siswa sudah diterapkan, ditandai dengan adanya sikap saling menghargai, menghormati pada peserta didik. Pada perencanaan pendidikan multikultural mengandung nilai-nilai keberagaam dalam pembuatan silabus maupun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pada pelaksanaan pendidikan multikultural terdapat adanya penguatan nilai-nilai keberagaman. Pada evaluasi implementasi pendidikan multikultural untuk menumbuhkan sikap toleransi terdapat adanya rasa saling menghargai, menghormati, dan kebersamaan dalam diri peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Pendidikan Multikultural en_US
dc.subject Sikap Toleransi en_US
dc.title IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN 12 DUSUN BESAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account