Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Pemahaman guru
tentang metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di Kelas IV MIS Roudhotul
Ulum Parit Setia Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Langkah-langkah yang dilakukan
oleh guru dalam penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar
peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas IV MIS Roudhotul Ulum Parit
Setia Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Minat belajar peserta didik setelah guru
menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas IV MIS
Roudhotul Ulum Parit Setia Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis
deskriptif yang berjenis penelitian lapangan atau field research. Lokasi penelitian
ini di MIS Roudhotul Ulum Desa Parit Setia, Kecamatan Jawai, Kabupaten
Sambas. Sumber datanya adalah guru dan peserta didik kelas IV. Instrumen yang
digunakan untuk pengumpulan data berupa pedoman wawancara semi terstruktur,
lembar observasi, pedoman check list, dokumen, foto, dan lainnya. Analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik uji keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data.
Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
demonstrasi dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran
IPA di kelas IV. Hal ini dapat ditunjukkan dari 1) Guru yang cukup memahami
penerapan metode demonstrasi. 2) Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru
dalam penerapan metode demonstrasi dilakukan dengan beberapa tahap yaitu
tahap persiapan yang berawal dari guru menentukan materi pembelajaran,
mempersiapkan RPP dan menyiapkan media atau bahan penunjang lainnya, serta
tahap pelaksanaan yang terbagi menjadi tiga langkah yaitu langkah pembukaan,
pelaksanaan, dan mengakhiri demonstrasi. 3) Sehingga terjadi peningkatan minat
belajar peserta didik setelah guru menerapkan metode demonstrasi yang
ditunjukkan oleh hampir sebagian peserta didik lebih terlihat sangat antusias,
tertarik, dan menyukai pelajaran IPA.