PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV MIS ROUDHOTUL ULUM PARIT SETIA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Achmad, Firdaus
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Kaisari, Dona
dc.date.accessioned 2023-07-28T02:11:05Z
dc.date.available 2023-07-28T02:11:05Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3469
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Pemahaman guru tentang metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di Kelas IV MIS Roudhotul Ulum Parit Setia Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas IV MIS Roudhotul Ulum Parit Setia Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Minat belajar peserta didik setelah guru menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas IV MIS Roudhotul Ulum Parit Setia Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif yang berjenis penelitian lapangan atau field research. Lokasi penelitian ini di MIS Roudhotul Ulum Desa Parit Setia, Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas. Sumber datanya adalah guru dan peserta didik kelas IV. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa pedoman wawancara semi terstruktur, lembar observasi, pedoman check list, dokumen, foto, dan lainnya. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data. Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas IV. Hal ini dapat ditunjukkan dari 1) Guru yang cukup memahami penerapan metode demonstrasi. 2) Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam penerapan metode demonstrasi dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap persiapan yang berawal dari guru menentukan materi pembelajaran, mempersiapkan RPP dan menyiapkan media atau bahan penunjang lainnya, serta tahap pelaksanaan yang terbagi menjadi tiga langkah yaitu langkah pembukaan, pelaksanaan, dan mengakhiri demonstrasi. 3) Sehingga terjadi peningkatan minat belajar peserta didik setelah guru menerapkan metode demonstrasi yang ditunjukkan oleh hampir sebagian peserta didik lebih terlihat sangat antusias, tertarik, dan menyukai pelajaran IPA. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode demonstrasi en_US
dc.subject minat belajar en_US
dc.title PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV MIS ROUDHOTUL ULUM PARIT SETIA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account