Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui penguasaan kosakata
materi tema IV (Lngkungan) peserta didik kelas II di SDN 43 Pinang Merah Sambas.
2) Mendeskripsikan langkah-langkah strategi pembelajaran Crossword Puzzle (TTS)
terhadap penguasaan kosakata materi tema IV (Lingkungan) bagi peserta didik kelas
II di SDN 43 Pinang Merah Sambas. 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan dari
penggunaan strategi pembelajaran Crossword Puzzle (TTS) terhadap penguasaan
kosakata materi tema IV (Lingkungan) bagi peserta didik kelas II di SDN 43 Pinang
Merah Sambas.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan one group pretestposttest design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes,
dan dokumentasi. Populasi penelitian ini berjumlah 24 peserta didik. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes berbentuk
uraian berjumlah 5 soal, serta dokumen. Proses analisis data dengan melakukan uji
empiris instrumen, analisi butir soal, uji pengaruh, dan uji hipotesis menggunakan
aplikasi SPSS 25.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan
sebagai berikut: 1) Penguasaan kosakata pada mata pelajaran bahasa Indonesia
peserta didik setelah menggunakan strategi Crossword Puzzle lebih baik
dibandingkan dengan belum menggunakan strategi Crossword Puzzle. Hal ini
dibuktikan bahwa dengan rata-rata hasil nilai pretest peserta didik adalah 55,41
termasuk dalam kategori kurang, sedangkan rata-rata hasil nilai posttest peserta didik
adalah 75,41 dalam kategori baik. 2) Guru menuliskan kata kunci, membuat kisikisi/kotak, membuat pernyataan-pernyataan yang jawabannya merupakan kata-kata
yang telah dipilih. Membagi kelompok dengan 1 kelompok terdiri dari 2 peserta
didik, kemudian membagikan kertas berisi teka-teki silang kepada setiap kelompok.
Selanjutnya, guru meminta peserta didik untuk mencari atau mengisi kotak-kotak
sesuai dengan pernyataan yang sudah disediakan. Kemudian peserta didik mengisi
kotak-kotak dengan menghubungkan antara jawaban mendatar dan menurun.
Selanjutnya, guru memberikan hadiah kepada peserta didik yang menjawab paling
cepat dan benar. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil nilai peserta didik
materi tema IV (Lingkungan) dengan menggunakan strategi Crossword Puzzzle
dengan sebelum menggunakan strategi Crossword Puzzle.