PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 43 PINANG MERAH KABUPATEN SAMBAS

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author Wika, Wika
dc.date.accessioned 2023-07-06T08:46:59Z
dc.date.available 2023-07-06T08:46:59Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3345
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui penguasaan kosakata materi tema IV (Lngkungan) peserta didik kelas II di SDN 43 Pinang Merah Sambas. 2) Mendeskripsikan langkah-langkah strategi pembelajaran Crossword Puzzle (TTS) terhadap penguasaan kosakata materi tema IV (Lingkungan) bagi peserta didik kelas II di SDN 43 Pinang Merah Sambas. 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran Crossword Puzzle (TTS) terhadap penguasaan kosakata materi tema IV (Lingkungan) bagi peserta didik kelas II di SDN 43 Pinang Merah Sambas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan one group pretestposttest design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini berjumlah 24 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes berbentuk uraian berjumlah 5 soal, serta dokumen. Proses analisis data dengan melakukan uji empiris instrumen, analisi butir soal, uji pengaruh, dan uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penguasaan kosakata pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik setelah menggunakan strategi Crossword Puzzle lebih baik dibandingkan dengan belum menggunakan strategi Crossword Puzzle. Hal ini dibuktikan bahwa dengan rata-rata hasil nilai pretest peserta didik adalah 55,41 termasuk dalam kategori kurang, sedangkan rata-rata hasil nilai posttest peserta didik adalah 75,41 dalam kategori baik. 2) Guru menuliskan kata kunci, membuat kisikisi/kotak, membuat pernyataan-pernyataan yang jawabannya merupakan kata-kata yang telah dipilih. Membagi kelompok dengan 1 kelompok terdiri dari 2 peserta didik, kemudian membagikan kertas berisi teka-teki silang kepada setiap kelompok. Selanjutnya, guru meminta peserta didik untuk mencari atau mengisi kotak-kotak sesuai dengan pernyataan yang sudah disediakan. Kemudian peserta didik mengisi kotak-kotak dengan menghubungkan antara jawaban mendatar dan menurun. Selanjutnya, guru memberikan hadiah kepada peserta didik yang menjawab paling cepat dan benar. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil nilai peserta didik materi tema IV (Lingkungan) dengan menggunakan strategi Crossword Puzzzle dengan sebelum menggunakan strategi Crossword Puzzle. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Crossword Puzzle en_US
dc.subject Penguasaan Kosakata en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 43 PINANG MERAH KABUPATEN SAMBAS en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account