Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Direct
Interaction Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Peserta
Didik Dalam Pembelajaran IPA Kelas V di SD Negeri 4 Kecamatan Batu
AmparTahun Pelajaran 2022/2023. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini ialah pendekatan kuantitafif dengan jenis penelitian
eksperimen. Desain penelitian yang digunakan ialah One group pretestposttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive
Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD
Negeri 4 Kecamatan BatuAmpar. Adapun jumlah sampel yang diteliti
sebanyak 29 orang peserta didik, terdiri atas 15 laki-laki dan 14
perempuan. Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan
memberikan soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta
didik disertai observasi kegiatan pembelajaran, wawancara, dan
dokumentasi.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan maka peneliti
menyimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA
materi organ gerak hewan Kelas V di SD Negeri 4 Kecamatan Batu
AmparTahun Pelajaran 2022/2023 memiliki Skor 1,001, dengan rata-rata
skor pada pembelajaran Tematik Tema 1 Organ Gerak Hewan dan
Manusia subtema 1 pembelajaran 1 ini bernilai 34,5 dari skor maksimal
adalah 100,yang terdapat 0 peserta didik tuntas (100%) dan 29 peserta
didik lainnya tidak tuntas (0%). Hasil belajar yang diperoleh setelah
menggunakan Model Direct Interaction Berbantuan Media Puzzle
menunjukan 22 peserta didik tuntas (76%) dan 7 peserta didik lainnya
tidak tuntas (24%) yang merupakan sebagian besar nilainya mencapai
KKM. Hal ini berarti Model Direct Interaction Berbantuan Media Puzzle
sudah dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran.
Pengaruh Model Direct Interaction Berbantuan Media Puzzle
Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA materi
organ hewan hewan Kelas V di SD Negeri 4 Kecamatan Batu AmparTahun
Pelajaran 2022/2023 berdistribusi normal, dengan uji statististik
menggunakan uji parametrik paired sample t-test. Hasil tersebut dapat
dilihat dari rata-rata hasil belajar pretest 34,51 sedangkan posttest 78,7.
Sedangkan Hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test
menunjukan nilai thitung 7,464> ttabel 1,70113 dengan nilai sig. 0,000 <
0,05. Berdasarkanhasil observasi Hasil penelitian menunjukan terdapat
Pengaruh Model Direct Interaction Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam IPA materi organ gerak hewan 1 Kelas V
di SD Negeri 4 Kecamatan Batu AmparTahun Pelajaran 2022/2023 dan
termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai persentase sebesar
92%.
Terdapat pengaruh yang signifikan dalam model Direct Interaction
berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam
Pembelajaran IPA materi organ gerak hewan 1 Kelas V di SD Negeri 4
Kecamatan Batu Ampar Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini berdasarkan
hasil analisis parametrik menggunakan Software SPSS 26, dan hasil uji
normalitas berdistribusi normal dapat dilihat dari nilai sig. 0,420 > 0,05
makahipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti terdapat pengaruh yang
signifikan, dan mempunyai pengaruh yang berkategori sedangpada uji NGain Scoore sebesar 53.69 dan berkategori kurangefektif pada uji N-Gain
Persentase sebesar 53.6866 atau 53,6% dan uji N-Gain persentase dengan
hasil 53%<40-55% dengan kategori sedang.