PENGARUH MODEL DIRECT INTERACTION BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIKDALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI ORGAN GERAK HEWAN KELAS V DI SD NEGERI 4 KECAMATAN BATU AMPAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Setyanigrum, Vidya
dc.contributor.author Hidayah, Ulfa Nurul
dc.date.accessioned 2023-07-06T07:37:16Z
dc.date.available 2023-07-06T07:37:16Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3342
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Direct Interaction Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Kelas V di SD Negeri 4 Kecamatan Batu AmparTahun Pelajaran 2022/2023. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitafif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan ialah One group pretestposttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD Negeri 4 Kecamatan BatuAmpar. Adapun jumlah sampel yang diteliti sebanyak 29 orang peserta didik, terdiri atas 15 laki-laki dan 14 perempuan. Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik disertai observasi kegiatan pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi organ gerak hewan Kelas V di SD Negeri 4 Kecamatan Batu AmparTahun Pelajaran 2022/2023 memiliki Skor 1,001, dengan rata-rata skor pada pembelajaran Tematik Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia subtema 1 pembelajaran 1 ini bernilai 34,5 dari skor maksimal adalah 100,yang terdapat 0 peserta didik tuntas (100%) dan 29 peserta didik lainnya tidak tuntas (0%). Hasil belajar yang diperoleh setelah menggunakan Model Direct Interaction Berbantuan Media Puzzle menunjukan 22 peserta didik tuntas (76%) dan 7 peserta didik lainnya tidak tuntas (24%) yang merupakan sebagian besar nilainya mencapai KKM. Hal ini berarti Model Direct Interaction Berbantuan Media Puzzle sudah dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran. Pengaruh Model Direct Interaction Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA materi organ hewan hewan Kelas V di SD Negeri 4 Kecamatan Batu AmparTahun Pelajaran 2022/2023 berdistribusi normal, dengan uji statististik menggunakan uji parametrik paired sample t-test. Hasil tersebut dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pretest 34,51 sedangkan posttest 78,7. Sedangkan Hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test menunjukan nilai thitung 7,464> ttabel 1,70113 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Berdasarkanhasil observasi Hasil penelitian menunjukan terdapat Pengaruh Model Direct Interaction Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam IPA materi organ gerak hewan 1 Kelas V di SD Negeri 4 Kecamatan Batu AmparTahun Pelajaran 2022/2023 dan termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai persentase sebesar 92%. Terdapat pengaruh yang signifikan dalam model Direct Interaction berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA materi organ gerak hewan 1 Kelas V di SD Negeri 4 Kecamatan Batu Ampar Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini berdasarkan hasil analisis parametrik menggunakan Software SPSS 26, dan hasil uji normalitas berdistribusi normal dapat dilihat dari nilai sig. 0,420 > 0,05 makahipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan, dan mempunyai pengaruh yang berkategori sedangpada uji NGain Scoore sebesar 53.69 dan berkategori kurangefektif pada uji N-Gain Persentase sebesar 53.6866 atau 53,6% dan uji N-Gain persentase dengan hasil 53%<40-55% dengan kategori sedang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Direct Interaction Berbantuan Media Puzzle en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL DIRECT INTERACTION BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIKDALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI ORGAN GERAK HEWAN KELAS V DI SD NEGERI 4 KECAMATAN BATU AMPAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account