Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pertama, Hasil belajar
peserta didik pada subtema pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
berbantuan media animasi videoscribe di kelas III MIN 3 Pontianak. Kedua,
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media animasi
videoscribe terhadap hasil belajar peserta didik pada subtema pertumbuhan dan
perkembangan manusia di kelas III MIN 3 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi (Quasi
Eksperimental) dengan desain control group pretest dan postest. Populasi
penelitian ini seluruh peserta didik kelas III MIN 3 Pontianak yang terdiri dari tiga
kelas semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 117 orang peserta didik.
Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III B sebanyak 40 peserta
didik sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas III C sebanyak 40 peserta
didik sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan post-test). Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam
pembuktian ini adalah statistik parametrik menggunakan uji t dan nonparametris
dengan menggunakan uji Mann Whitney.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan:
Pertama, Rata-rata nilai hasil belajar peserta didik pada subtema pertumbuhan dan
perkembangan manusia yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Student
Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media animasi videoscribe
adalah sebesar 89.75 dan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik pada subtema
pertumbuhan dan perkembangan manusia yang diajarkan dengan media
konvensional adalah sebesar 71.75. Maka kemampuan akhir peserta didik pada
kelas eksperimen lebih unggul dibanding kelas kontrol. Kedua, Terdapat pengaruh
model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan
media animasi videoscribe terhadap hasil belajar peserta didik subtema
pertumbuhan dan perkembangan manusia. Karena berdasarkan pengujian hipotesis
menggunakan uji mann whitney diperoleh nilai Asymp.Sig sebesar 0,000 yang
berati lebih kecil 0,05. Besar pengaruh pengaruh penelitian ini adalah -
0,53520287041dengan kategori sedang. Dengan demikian terdapat pengaruh
penggunaan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
Berbantuan Media Animasi Videoscribe pada Subtema Pertumbuhan dan
Perkembangan Manusia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas III MIN 3
Pontianak.