PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA ANIMASI VIDEOSCRIBE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 1 SUBTEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MIN 3 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Patmawati, Patmawati
dc.contributor.advisor Setyanigrum, Vidya
dc.contributor.author Cahyati, Tika
dc.date.accessioned 2023-07-06T07:26:24Z
dc.date.available 2023-07-06T07:26:24Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3341
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pertama, Hasil belajar peserta didik pada subtema pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media animasi videoscribe di kelas III MIN 3 Pontianak. Kedua, Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media animasi videoscribe terhadap hasil belajar peserta didik pada subtema pertumbuhan dan perkembangan manusia di kelas III MIN 3 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi (Quasi Eksperimental) dengan desain control group pretest dan postest. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas III MIN 3 Pontianak yang terdiri dari tiga kelas semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 117 orang peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III B sebanyak 40 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas III C sebanyak 40 peserta didik sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan post-test). Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian ini adalah statistik parametrik menggunakan uji t dan nonparametris dengan menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: Pertama, Rata-rata nilai hasil belajar peserta didik pada subtema pertumbuhan dan perkembangan manusia yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media animasi videoscribe adalah sebesar 89.75 dan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik pada subtema pertumbuhan dan perkembangan manusia yang diajarkan dengan media konvensional adalah sebesar 71.75. Maka kemampuan akhir peserta didik pada kelas eksperimen lebih unggul dibanding kelas kontrol. Kedua, Terdapat pengaruh model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media animasi videoscribe terhadap hasil belajar peserta didik subtema pertumbuhan dan perkembangan manusia. Karena berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji mann whitney diperoleh nilai Asymp.Sig sebesar 0,000 yang berati lebih kecil 0,05. Besar pengaruh pengaruh penelitian ini adalah - 0,53520287041dengan kategori sedang. Dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Animasi Videoscribe pada Subtema Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas III MIN 3 Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Student Teams Achievement Division en_US
dc.subject Pembelajaran Tematik en_US
dc.title PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA ANIMASI VIDEOSCRIBE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 1 SUBTEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MIN 3 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account