Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Pertama, sikap peduli peserta
didik sebelum menggunakan strategi inkuiri pada pembelajaran IPA Tema 3 kelas
IV MI Imaduddin Kubu Raya. Kedua, penggunaan strategi inkuiri terhadap sikap
peduli peserta didik pada pembelajaran IPA Tema 3 kelas IV MI Imaduddin Kubu
Raya inkuiri tahun pelajaran 2022/2023. Ketiga, sikap peduli peserta didik setelah
menggunakan strategi inkuiri pada pembelajaran IPA Tema 3 kelas IV MI
Imaduddin Kubu Raya. Keempat, pengaruh penggunaan strategi inkuiri terhadap
sikap peduli peserta didik pada pembelajaran IPA Tema 3 kelas IV tahun pelajaran
2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen
jenis rancangan quasi eksperimen. Tempat penelitiannya di MI Imaduddin Kubu
Raya, Jalan Sungai Raya Dalam 2, Sungai Raya, Kecamatan Pontianak Tenggara,
Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116. Sumber datanya adalah peserta didik
kelas IV, teknik pengambilan sampel yaitu non random sampling. Teknik
pengumpulan data berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Alat pengumpulan
daya berupa lembar observasi, angket, kamera. Analisis data menggunakan analisis
instrumen, analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1)
Sikap peduli peserta didik sebelum menggunakan strategi inkuiri diperoleh kelas
kontrol yaitu mean 83.12 nilai sebesar 64,93 kategori tinggi dan kelas eksperimen
yaitu mean 91.48 nilai sebesar 71,46 kategori tinggi; 2) Penggunaan strategi inkuiri
terhadap sikap peduli peserta didik dilakukan selama dua kali pertemuan untuk
menguji cobakan strategi yang akan diteliti. 3) Sikap Peduli Peserta setelah
menggunakan Strategi Inkuiri diperoleh kelas kontrol yang tidak menggunakan
strategi inkuiri yaitu mean 97.74 nilai sebesar 76,35 kategori tinggi dan kelas
eksperimen yang menggunakan strategi inkuiri yaitu mean 118.65 nilai sebesar
92,69 kategori sangat tinggi. 4) Pengaruh penggunaan strategi inkuiri terhadap
sikap peduli peserta didik dapat ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis terlihat pada
angka signifikan 0,000 menunjukkan signifikansi < (α) (0,05), untuk mengetahui
besar pengaruh dapat dilihat nilai R Square = 0,593. Dengan demikian besar
pengaruh dari strategi inkuiri terhadap sikap peduli peserta didik adalah 0,593% x
100% = 59,3% dengan kata lain juga dapat dinyatakan bahwa strategi inkuiri pada
pembelajaran IPA Tema 3 berpengaruh signifikan terhadap sikap peduli peserta
didik.