PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP SIKAP PEDULI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 3 KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH IMADUDDIN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Raudlah, Siti
dc.contributor.author Munawarah, Suaibah
dc.date.accessioned 2023-07-06T04:12:52Z
dc.date.available 2023-07-06T04:12:52Z
dc.date.issued 2022-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3338
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Pertama, sikap peduli peserta didik sebelum menggunakan strategi inkuiri pada pembelajaran IPA Tema 3 kelas IV MI Imaduddin Kubu Raya. Kedua, penggunaan strategi inkuiri terhadap sikap peduli peserta didik pada pembelajaran IPA Tema 3 kelas IV MI Imaduddin Kubu Raya inkuiri tahun pelajaran 2022/2023. Ketiga, sikap peduli peserta didik setelah menggunakan strategi inkuiri pada pembelajaran IPA Tema 3 kelas IV MI Imaduddin Kubu Raya. Keempat, pengaruh penggunaan strategi inkuiri terhadap sikap peduli peserta didik pada pembelajaran IPA Tema 3 kelas IV tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis rancangan quasi eksperimen. Tempat penelitiannya di MI Imaduddin Kubu Raya, Jalan Sungai Raya Dalam 2, Sungai Raya, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116. Sumber datanya adalah peserta didik kelas IV, teknik pengambilan sampel yaitu non random sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Alat pengumpulan daya berupa lembar observasi, angket, kamera. Analisis data menggunakan analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Sikap peduli peserta didik sebelum menggunakan strategi inkuiri diperoleh kelas kontrol yaitu mean 83.12 nilai sebesar 64,93 kategori tinggi dan kelas eksperimen yaitu mean 91.48 nilai sebesar 71,46 kategori tinggi; 2) Penggunaan strategi inkuiri terhadap sikap peduli peserta didik dilakukan selama dua kali pertemuan untuk menguji cobakan strategi yang akan diteliti. 3) Sikap Peduli Peserta setelah menggunakan Strategi Inkuiri diperoleh kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi inkuiri yaitu mean 97.74 nilai sebesar 76,35 kategori tinggi dan kelas eksperimen yang menggunakan strategi inkuiri yaitu mean 118.65 nilai sebesar 92,69 kategori sangat tinggi. 4) Pengaruh penggunaan strategi inkuiri terhadap sikap peduli peserta didik dapat ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis terlihat pada angka signifikan 0,000 menunjukkan signifikansi < (α) (0,05), untuk mengetahui besar pengaruh dapat dilihat nilai R Square = 0,593. Dengan demikian besar pengaruh dari strategi inkuiri terhadap sikap peduli peserta didik adalah 0,593% x 100% = 59,3% dengan kata lain juga dapat dinyatakan bahwa strategi inkuiri pada pembelajaran IPA Tema 3 berpengaruh signifikan terhadap sikap peduli peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Inkuiri en_US
dc.subject Sikap Peduli en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP SIKAP PEDULI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 3 KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH IMADUDDIN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account