Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan
membaca dalam pembelajaran tematik tema 2 mata pelajaran bahasa
Indonesia sebelum diterapkan metode SAS berbantuan media Flash Card. 2)
Langkah-langkah penerapan metode SAS berbantuan media Flash Card
untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam pembelajaran tematik
tema 2 mata pelajaran bahasa Indonesia. 3) Kemampuan membaca dalam
pembelajaran tematik tema 2 mata pelajaran bahasa Indonesia setelah
diterapkan metode SAS berbantuan media Flash Card. 4) Peningkatan
kemampuan membaca dalam pembelajaran tematik tema 2 mata pelajaran
bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II B sebelum dan setelah diterapkan
metode SAS berbantuan media Flash Card di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1
Sambas tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK),
dengan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian adalah MIN 1 Sambas.
Populasi dan sampel peserta didik kelas II B MIN 1 Sambas. Teknik alat
pengumpulan data observasi, tes dan dokumen. Analisis data menggunakan
presentase dan indikator keberhasilan.
Hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan: 1) Kemampuan membaca
peserta didik sebelum menggunakan metode SAS berbantuan media Flash
Card yaitu terdapat rata- rata 59,14 dan 14 peserta didik yang tuntas. 2)
Langkah-langkah penerapan metode SAS berbantuan media Flash Card
untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam pembelajaran tematik
tema 2 mata pelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II B di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sambas pada siklus 1 dapat terlaksana 75%,
siklus II terlaksana 95% dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan.
3) Kemampuan membaca setelah diterapkan metode SAS berbantuan media
Flash Card dalam pembelajaran tematik tema 2 mata pelajaran bahasa
Indonesia pada peserta didik kelas II B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1
Sambas pada siklus 1 adalah 72,4%, Siklus II adalah 93,1% mengalami
peningkatan sebesar 20,7%. 4) Terdapat peningkatan pada kemampuan
membaca peserta didik setelah menggunakan metode SAS berbantuan media
Flash Card pada prasiklus nilai rata-rata 59,14 dan presentase 48,3% pada
siklus I dengan nilai rata-rata 71,21 dan presentase 72,4% , siklus II nilai ratarata 80 dan presentase 93,1%. Adapun presentase peningkatan dari 48,3%
menjadi 93,1% mengalami peningkatan sebesar 44,8%.