PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Nurhidayah, Vibry Andina
dc.contributor.author Utami, Siska Putri
dc.date.accessioned 2023-07-06T03:52:15Z
dc.date.available 2023-07-06T03:52:15Z
dc.date.issued 2022-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3336
dc.description.abstract Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan membaca dalam pembelajaran tematik tema 2 mata pelajaran bahasa Indonesia sebelum diterapkan metode SAS berbantuan media Flash Card. 2) Langkah-langkah penerapan metode SAS berbantuan media Flash Card untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam pembelajaran tematik tema 2 mata pelajaran bahasa Indonesia. 3) Kemampuan membaca dalam pembelajaran tematik tema 2 mata pelajaran bahasa Indonesia setelah diterapkan metode SAS berbantuan media Flash Card. 4) Peningkatan kemampuan membaca dalam pembelajaran tematik tema 2 mata pelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II B sebelum dan setelah diterapkan metode SAS berbantuan media Flash Card di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sambas tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian adalah MIN 1 Sambas. Populasi dan sampel peserta didik kelas II B MIN 1 Sambas. Teknik alat pengumpulan data observasi, tes dan dokumen. Analisis data menggunakan presentase dan indikator keberhasilan. Hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan: 1) Kemampuan membaca peserta didik sebelum menggunakan metode SAS berbantuan media Flash Card yaitu terdapat rata- rata 59,14 dan 14 peserta didik yang tuntas. 2) Langkah-langkah penerapan metode SAS berbantuan media Flash Card untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam pembelajaran tematik tema 2 mata pelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sambas pada siklus 1 dapat terlaksana 75%, siklus II terlaksana 95% dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan. 3) Kemampuan membaca setelah diterapkan metode SAS berbantuan media Flash Card dalam pembelajaran tematik tema 2 mata pelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sambas pada siklus 1 adalah 72,4%, Siklus II adalah 93,1% mengalami peningkatan sebesar 20,7%. 4) Terdapat peningkatan pada kemampuan membaca peserta didik setelah menggunakan metode SAS berbantuan media Flash Card pada prasiklus nilai rata-rata 59,14 dan presentase 48,3% pada siklus I dengan nilai rata-rata 71,21 dan presentase 72,4% , siklus II nilai ratarata 80 dan presentase 93,1%. Adapun presentase peningkatan dari 48,3% menjadi 93,1% mengalami peningkatan sebesar 44,8%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode SAS en_US
dc.subject Media Flash Card en_US
dc.subject Kemampuan membaca en_US
dc.title PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account