Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pertama, Untuk
Mengetahui Hasil Belajar Sebelum Menggunakan Model Cooperative
Learning tipe Jigsaw pada Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan
pada Peserta Didik di Kelas V di SDN 06 Pontianak Timur Tahun Pelajaran
2022/2023. Kedua, Untuk Mengetahui Hasil Belajar Setelah Menggunakan
Model Cooperative Learning tipe Jigsaw pada Tema 1 Subtema 2 Manusia
dan Lingkungan pada Peserta Didik di Kelas V di SDN 06 Pontianak Timur
tahun pelajaran 2022/2023. Ketiga 3. Untuk mengetahui Pengaruh
Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap peningkatan
Hasil Belajar Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Peserta Didik di
Kelas V SDN 06 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen (Quasi
Eksperimental). Lokasi penelitiannya adalah di SDN 06 Pontianak Timur
Jalan H. M. Yusuf Karim, Saigon, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak.
Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas V SDN 06 Pontianak
Timur yang terdiri dari dua kelas semester ganjil tahun ajaran 2022/2023
berjumlah 53 orang peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik
kelas VA sebanyak 25 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan
peserta didik kelas VB sebagai kelas kontrol. adalah peserta didik kelas V.
Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pre-test dan posttest)
Alatnya berupa soal/tes, lembar observasi dan dokumentasi. Statistik yang
digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian ini adalah statistik
parametrik menggunakan uji t.
Hasil penelitian ini disimpulkan yaitu: 1) perbedaan hasil belajar
peserta didik pada tema 1 subtema 2 manusia dan lingkungan di kelas V
SDN 06 Pontianak Timur dikelas kontrol menggunakan model cooperative
learning tipe jigsaw tahun pelajaran 2022/2023 diperoleh nilai sebesar 64.16
sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 87.96. 2) hasil
belajar peserta didik tema 1 subtema 2 menggunakan model cooperative
learning tipe jigsaw diperoleh nilai 87.96. 3) Besar Pengaruh penelitian ini
adalah 2.67248122145 dengan kategori besar. Dengan demikian terdapat
pengaruh penggunaan model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw tema
1subtema 2 Manusia dan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Peserta
Dididk di Kelas V SDN 06 Pontianak Timur.