PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 1 SUBTEMA 2 MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SDN 06 PONTIANAK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author Nurmardiah, Nurmardiah
dc.date.accessioned 2023-07-06T02:47:15Z
dc.date.available 2023-07-06T02:47:15Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3331
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pertama, Untuk Mengetahui Hasil Belajar Sebelum Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Jigsaw pada Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan pada Peserta Didik di Kelas V di SDN 06 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Kedua, Untuk Mengetahui Hasil Belajar Setelah Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Jigsaw pada Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan pada Peserta Didik di Kelas V di SDN 06 Pontianak Timur tahun pelajaran 2022/2023. Ketiga 3. Untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap peningkatan Hasil Belajar Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Peserta Didik di Kelas V SDN 06 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen (Quasi Eksperimental). Lokasi penelitiannya adalah di SDN 06 Pontianak Timur Jalan H. M. Yusuf Karim, Saigon, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas V SDN 06 Pontianak Timur yang terdiri dari dua kelas semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 53 orang peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VA sebanyak 25 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VB sebagai kelas kontrol. adalah peserta didik kelas V. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pre-test dan posttest) Alatnya berupa soal/tes, lembar observasi dan dokumentasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian ini adalah statistik parametrik menggunakan uji t. Hasil penelitian ini disimpulkan yaitu: 1) perbedaan hasil belajar peserta didik pada tema 1 subtema 2 manusia dan lingkungan di kelas V SDN 06 Pontianak Timur dikelas kontrol menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw tahun pelajaran 2022/2023 diperoleh nilai sebesar 64.16 sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 87.96. 2) hasil belajar peserta didik tema 1 subtema 2 menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw diperoleh nilai 87.96. 3) Besar Pengaruh penelitian ini adalah 2.67248122145 dengan kategori besar. Dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw tema 1subtema 2 Manusia dan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Peserta Dididk di Kelas V SDN 06 Pontianak Timur. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject cooperative learning tipe jigsaw en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 1 SUBTEMA 2 MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SDN 06 PONTIANAK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account