Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Kemampuan menyelesaikan
soal cerita materi KPK dan FPB sebelum diterapakan model Discovery Learning
berbantuan media Dakota pada peserta didik di MIS Roudhotul Ulum Kabupaten Sambas.
(2) Langkah-langkah penerapan model Discovery Learning berbantuan media
Dakota terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada peserta didik di MIS
Roudhotul Ulum Kabupaten Sambas.(3) Kemampuan menyelesaikan soal cerita
materi KPK dan FPB sesudah diterapakan model Discovery Learning berbantuan
media Dakota pada peserta didik di MIS Roudhotul Ulum Kabupaten Sambas. (4)
Peningkatan model Discovery Learning berbantuan media Dakota pada peserta
didik di MIS Roudhotul Ulum Kabupaten Sambaspada peserta didik kelas IV di
MIS Roudhotul Ulum Kabupaten Sambas tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode quasi
eksperimen dengan design One Group Pretest-Posttest. Populasi yang digunakan
adalah seluruh peserta didik kelas IV MIS Roudhotul Ulum Kabupaten Sambas
yang berjumlah 38 orang, sampel yang digunakan adalah keseluruhan populasi
dengan teknik sampilng jenuh. Teknik pengumpulan berupa observasi, pengukuran,
dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes
uraian serta mechanical device. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
statistik deskriptif dan analisis stastistik inferensial berupa uji normalitas dan uji
hipotesis dengan paired sample t test.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan menyelesaikan
soal cerita materi KPK dan FPB pada peserta didik sebelum penerapan model
Discovry Learning berbantuan media Dakota dengan rata-rata nilai sebesar 39,97
termasuk ke dalam kategori kurang; (2) Penggunaan model Discovery Learning
berbantuan media Dakota pada peserta didik kelas IV menunjukkan bahwa
persentase hasil pengamatan 92% termasuk ke dalam kategori baik sekali; (3)
Kemampuan menyelesaikan soal cerita materi KPK dan FPB pada peserta didik
sesudah penerapan model Discovry Learning berbantuan media Dakota dengan
rata-rata nilai sebesar 78,03 dengan kategori baik; dan (4) Terdapat perubahan yang
signifikan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita pada peserta didik kelas IV
sesudah penerapan model Discovery Learning berbantuan media Dakota di MIS
Roudhotul Ulum Kabupaten Sambas 2022/20323.