PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA DAKOTA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA PESERTA DIDIK DI MIS ROUDHOTUL ULUM KABUPATEN SAMBAS

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.author Yasinta, Melani
dc.date.accessioned 2023-07-06T02:10:54Z
dc.date.available 2023-07-06T02:10:54Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3329
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Kemampuan menyelesaikan soal cerita materi KPK dan FPB sebelum diterapakan model Discovery Learning berbantuan media Dakota pada peserta didik di MIS Roudhotul Ulum Kabupaten Sambas. (2) Langkah-langkah penerapan model Discovery Learning berbantuan media Dakota terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada peserta didik di MIS Roudhotul Ulum Kabupaten Sambas.(3) Kemampuan menyelesaikan soal cerita materi KPK dan FPB sesudah diterapakan model Discovery Learning berbantuan media Dakota pada peserta didik di MIS Roudhotul Ulum Kabupaten Sambas. (4) Peningkatan model Discovery Learning berbantuan media Dakota pada peserta didik di MIS Roudhotul Ulum Kabupaten Sambaspada peserta didik kelas IV di MIS Roudhotul Ulum Kabupaten Sambas tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode quasi eksperimen dengan design One Group Pretest-Posttest. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas IV MIS Roudhotul Ulum Kabupaten Sambas yang berjumlah 38 orang, sampel yang digunakan adalah keseluruhan populasi dengan teknik sampilng jenuh. Teknik pengumpulan berupa observasi, pengukuran, dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes uraian serta mechanical device. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis stastistik inferensial berupa uji normalitas dan uji hipotesis dengan paired sample t test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan menyelesaikan soal cerita materi KPK dan FPB pada peserta didik sebelum penerapan model Discovry Learning berbantuan media Dakota dengan rata-rata nilai sebesar 39,97 termasuk ke dalam kategori kurang; (2) Penggunaan model Discovery Learning berbantuan media Dakota pada peserta didik kelas IV menunjukkan bahwa persentase hasil pengamatan 92% termasuk ke dalam kategori baik sekali; (3) Kemampuan menyelesaikan soal cerita materi KPK dan FPB pada peserta didik sesudah penerapan model Discovry Learning berbantuan media Dakota dengan rata-rata nilai sebesar 78,03 dengan kategori baik; dan (4) Terdapat perubahan yang signifikan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita pada peserta didik kelas IV sesudah penerapan model Discovery Learning berbantuan media Dakota di MIS Roudhotul Ulum Kabupaten Sambas 2022/20323. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Dakota en_US
dc.subject Discovery Learning en_US
dc.subject Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.title PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA DAKOTA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA PESERTA DIDIK DI MIS ROUDHOTUL ULUM KABUPATEN SAMBAS en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account