Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Kemampuan membaca
peserta didik sebelum menggunakan metode scramble berbantuan media pop up
book dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MIS Roudhotul Ulum
Parit Setia Kabupaten Sambas Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) Langkahlangkah penggunaan metode Scramble berbantuan media pop up book dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia, 3) Kemampuan membaca peserta didik sesudah
menggunakan metode Scramble berbantuan media pop up book dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MIS Roudhotul Ulum Parit Setia
Kabupaten Sambas Tahun Pelajaran 2022/2023, dan 4) Terdapat pengaruh
penggunaan metode Scramble berbantuan media pop up book terhadap
kemampuan membaca peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas
IV di MIS Roudhotul Ulum Parit Setia Kabupaten Sambas Tahun Pelajaran
2022/2023.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian preeksperimental design dengan rancangan one–group pre-test post-test design.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIS Roudhotul Ulum
Parit Setia. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan
menggunakan soal tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk
menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji
hipotesis dengan teknik uji paired sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca peserta
didik sebelum menggunakan metode scramble berbantuan media pop up book
masih tergolong rendah, dengan presentase 28,95% kategori tuntas dan 71,05%
dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 54,21. 2) Terdapat beberapa
langkah penggunan metode scramble berbantuan media pop up book dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia. 3) Setelah menggunakan metode scramble
berbantuan media pop up book, presentase ketuntasan kemampuan membaca
peserta didik meningkat menjadi 89,47% dalam kategori tuntas dan 10,53% dalam
kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 81,32. 4) Berdasarkan hasil uji paired
sample t test yang memperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang diartikan bahwa
0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima. Selain itu dapat juga dilihar dari
perhitungan effect size dengan standar deviasi 2,34 dengan kategori sangat besar.
Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test
terhadap kemampuan membaca peserta didik dengan menggunaan metode
scramble berbantuan media pop up book pada pembelajaran Bahasa Indonesia
tahun pelajaran 2022/2023.