PENGARUH METODE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIS ROUDHOTUL ULUM PARIT SETIA KABUPATEN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Moh. Yusuf
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Mariyanti, Mariyanti
dc.date.accessioned 2023-07-06T01:55:59Z
dc.date.available 2023-07-06T01:55:59Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3328
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Kemampuan membaca peserta didik sebelum menggunakan metode scramble berbantuan media pop up book dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MIS Roudhotul Ulum Parit Setia Kabupaten Sambas Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) Langkahlangkah penggunaan metode Scramble berbantuan media pop up book dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, 3) Kemampuan membaca peserta didik sesudah menggunakan metode Scramble berbantuan media pop up book dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MIS Roudhotul Ulum Parit Setia Kabupaten Sambas Tahun Pelajaran 2022/2023, dan 4) Terdapat pengaruh penggunaan metode Scramble berbantuan media pop up book terhadap kemampuan membaca peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MIS Roudhotul Ulum Parit Setia Kabupaten Sambas Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian preeksperimental design dengan rancangan one–group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIS Roudhotul Ulum Parit Setia. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan soal tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan teknik uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca peserta didik sebelum menggunakan metode scramble berbantuan media pop up book masih tergolong rendah, dengan presentase 28,95% kategori tuntas dan 71,05% dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 54,21. 2) Terdapat beberapa langkah penggunan metode scramble berbantuan media pop up book dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. 3) Setelah menggunakan metode scramble berbantuan media pop up book, presentase ketuntasan kemampuan membaca peserta didik meningkat menjadi 89,47% dalam kategori tuntas dan 10,53% dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 81,32. 4) Berdasarkan hasil uji paired sample t test yang memperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang diartikan bahwa 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima. Selain itu dapat juga dilihar dari perhitungan effect size dengan standar deviasi 2,34 dengan kategori sangat besar. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test terhadap kemampuan membaca peserta didik dengan menggunaan metode scramble berbantuan media pop up book pada pembelajaran Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2022/2023. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject metode scramble en_US
dc.subject media pop up book en_US
dc.subject kemampuan membaca en_US
dc.title PENGARUH METODE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIS ROUDHOTUL ULUM PARIT SETIA KABUPATEN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account