Abstract:
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang: (1) Bagaimana
hasil belajar peserta didik terhadap tema energi dan perubahannya sebelum
menggunakan strategi comment berbantuan media animasi di kelas III SDN 02
Rasau Jaya; (2) Bagaimana penerapan pembelajaran yang menggunakan strategi
video comment berbantuan media animasi dalam pembelajaran tema energi dan
perubahannya kelas III SDN 02 Rasau Jaya; (3) Bagaimana hasil belajar tema
energi dan perubahannya setelah menggunakan strategi video comment
berbantuan media animasi di kelas III SDN 02 Rasau Jaya. (4) Apakah terdapat
peningkatan hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkan strategi
video comment berbantuan media animasi kelas III SDN 02 Rasau Jaya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK),
pendekatan deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini guru dan peserta
didik. Prosedur yang digunakan ada 4 tahap yaitu tahapan perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, tes, dokumentasi dengan alat pengumpulan data adalah lembar
penilaian dan lembar observasi guru. Analisis data dalam penelitian ini secara
kuantitatif dengan menggunakan rumus mean, persentase, tingkat kesukaran, dan
daya pembeda. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1)
Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan strategi video comment
berbantuan media animasi terlihat dari jumlah 28 peserta didik 10 peserta didik
dengan persentase ketuntasan memperoleh 36% dan 18 peserta didik yang tidak
tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 64% dengan jumlah rata-rata 61,96.
(2) Hasil belajar sesudah menggunakan strategi video comment berbantuan media
animasi pada siklus I terdapat 30 peserta didik yang tuntas berjumlah 9 orang
dengan jumlah persentase ketuntasan 30%. Sedangkan, ada peserta didik yang
tidak tuntas berjumlah 21 orang dengan jumlah persentase tidak tuntas 70%
dengan jumlah rata-rata 66,6 kategori kurang. (3) Mengalami peningkatan pada
siklus II tuntas berjumlah terdapat 30 peserta didik yang tuntas berjumlah 23
orang dengan jumlah persentase ketuntasan 77%. Sedangkan, ada peserta didik
yang tidak tuntas berjumlah 7 orang dengan jumlah peresentase tidak tuntas 23%
dengan jumlah rata-rata 77,97 dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan sebelum dan sesudah yang signifikan dengan menggunakan
strategi video comment berbantuan media animasi dapat meningkatkan hasil
belajar tema energi dan perubahannya di kelas III SDN 02 Rasau Jaya.