PENGGUNAAN STRATEGI VIDEO COMMENT BERBANTUAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 02 RASAU JAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.author Astuti, Indri Ayu
dc.date.accessioned 2023-07-04T01:45:26Z
dc.date.available 2023-07-04T01:45:26Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3291
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang: (1) Bagaimana hasil belajar peserta didik terhadap tema energi dan perubahannya sebelum menggunakan strategi comment berbantuan media animasi di kelas III SDN 02 Rasau Jaya; (2) Bagaimana penerapan pembelajaran yang menggunakan strategi video comment berbantuan media animasi dalam pembelajaran tema energi dan perubahannya kelas III SDN 02 Rasau Jaya; (3) Bagaimana hasil belajar tema energi dan perubahannya setelah menggunakan strategi video comment berbantuan media animasi di kelas III SDN 02 Rasau Jaya. (4) Apakah terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkan strategi video comment berbantuan media animasi kelas III SDN 02 Rasau Jaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), pendekatan deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini guru dan peserta didik. Prosedur yang digunakan ada 4 tahap yaitu tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi dengan alat pengumpulan data adalah lembar penilaian dan lembar observasi guru. Analisis data dalam penelitian ini secara kuantitatif dengan menggunakan rumus mean, persentase, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan strategi video comment berbantuan media animasi terlihat dari jumlah 28 peserta didik 10 peserta didik dengan persentase ketuntasan memperoleh 36% dan 18 peserta didik yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 64% dengan jumlah rata-rata 61,96. (2) Hasil belajar sesudah menggunakan strategi video comment berbantuan media animasi pada siklus I terdapat 30 peserta didik yang tuntas berjumlah 9 orang dengan jumlah persentase ketuntasan 30%. Sedangkan, ada peserta didik yang tidak tuntas berjumlah 21 orang dengan jumlah persentase tidak tuntas 70% dengan jumlah rata-rata 66,6 kategori kurang. (3) Mengalami peningkatan pada siklus II tuntas berjumlah terdapat 30 peserta didik yang tuntas berjumlah 23 orang dengan jumlah persentase ketuntasan 77%. Sedangkan, ada peserta didik yang tidak tuntas berjumlah 7 orang dengan jumlah peresentase tidak tuntas 23% dengan jumlah rata-rata 77,97 dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah yang signifikan dengan menggunakan strategi video comment berbantuan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar tema energi dan perubahannya di kelas III SDN 02 Rasau Jaya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject strategi pembelajaran en_US
dc.subject media animasi en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title PENGGUNAAN STRATEGI VIDEO COMMENT BERBANTUAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 02 RASAU JAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account