Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar peserta didik sebelum
menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing; (2) langkah-langkah
pelaksanaan model pembelajaran Snowball Throwing; (3) hasil belajar peserta didik
sesudah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing; (4) peningkatan hasil
belajar peserta didik sesudah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing.
Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 03 Suhaid
tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 34 peserta didik. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK), alat pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi,
dan tes. Subjek Penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 03
Suhaid tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 34 orang. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis data kuantitatif berupa analisis persentase dan rata-rata.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Sebelum menggunakan model
pembelajaran Snowball Throwing persentase hasil belajar peserta didik yang tuntas
yaitu 29% dan persentase peserta didik yang tidak tuntas sebesar 71%. 2) Penggunaan
model pembelajaran Snowball Throwing sudah dilaksanakan dengan baik. Guru
melaksanakan Langkah- Langkah model pembelajaran Snowball Throwing dengan baik
sesuai dengan yang ada di RPP. 3) Sesudah menggunakan model pembelajaran
Snowball Throwing persentase hasil belajar peserta didik yang tuntas pada siklus I yaitu
71% yang mana sudah mulai mengalami kenaikan tetapi belum mencapai KKM.
Sedangkan persentase pada siklus II yaitu 94% sudah mencapai KKM yang ditetapkan.
4) Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model
pembelajaran Snowball Throwing pada pra siklus nilai rata-rata peserta didik hanya
54,70 dengan persentase yang tuntas 29% kemudian pada siklus I meningkat menjadi
73,23 dengan persentase yang tuntas 71% dan semakin meningkat di siklus II menjadi
85,88 dengan persentase 94% dari keseluruhan 34 peserta didik.