Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca
permulaan peserta didik kelas I, kurangnya media yang digunakan dalam
pelajaran membaca permulaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui
kemampuan membaca permulaan peserta didik sebelum menggunakan media
kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik
pada pembelajaran tematik kelas I MIS Ushuluddin Kota Singkawang tahun
pelajaran 2022/2023, langkah-langkah penggunaan media kartu huruf dalam
pembelajaran tematik, kemampuan membaca permulaan peserta didik sesudah
menggunakan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca
permulaan peserta didik pada pembelajaran tematik kelas I MIS Ushuluddin Kota
Singkawang tahun pelajaran 2022/2023, ada tidaknya pengaruh penggunaan
media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta
didik pada pembelajaran tematik kelas I MIS Ushuluddin Kota Singkawang tahun
pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian preeskperimental design dengan rancangan one-group pre-test post-test. Populasi
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I MIS Ushuluddin Kota
Singkawang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan
menggunakan soal tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk
menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji
hipotesis dengan teknik uji paired sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca
permulaan peserta didik sebelum menggunakan media kartu huruf masih
tergolong rendah, dengan persentase 52,94% kategori tuntas dan 47,06% dalam
kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 69,12. 2) Terdapat beberapa langkahlangkah penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.3)
Setelah menggunakan media kartu huruf, persetase ketuntasan kemampuan
membaca permulaan peserta didik meningkat menjadi 73,53% dalam kategori
tuntas dan 26, 47% dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 78,68. 4)
Berdasarkan hasil uji paired sample t-test yang memperoleh sig (2-tailed) sebesar
0,000 yang diartikan bahwa 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima. Artinya
terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan
peserta didik pada pembelajaran tematik kelas I MIS Ushuluddin Kota
Singkawang tahun pelajaran 2022/2023.