PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I MIS USHULUDDIN KOTA SINGKAWANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Moh. Yusuf
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author Berliani, Dyva Octaviany Puteri
dc.date.accessioned 2023-07-03T06:29:26Z
dc.date.available 2023-07-03T06:29:26Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3285
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I, kurangnya media yang digunakan dalam pelajaran membaca permulaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan membaca permulaan peserta didik sebelum menggunakan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran tematik kelas I MIS Ushuluddin Kota Singkawang tahun pelajaran 2022/2023, langkah-langkah penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran tematik, kemampuan membaca permulaan peserta didik sesudah menggunakan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran tematik kelas I MIS Ushuluddin Kota Singkawang tahun pelajaran 2022/2023, ada tidaknya pengaruh penggunaan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran tematik kelas I MIS Ushuluddin Kota Singkawang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian preeskperimental design dengan rancangan one-group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I MIS Ushuluddin Kota Singkawang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan soal tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan teknik uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca permulaan peserta didik sebelum menggunakan media kartu huruf masih tergolong rendah, dengan persentase 52,94% kategori tuntas dan 47,06% dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 69,12. 2) Terdapat beberapa langkahlangkah penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.3) Setelah menggunakan media kartu huruf, persetase ketuntasan kemampuan membaca permulaan peserta didik meningkat menjadi 73,53% dalam kategori tuntas dan 26, 47% dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 78,68. 4) Berdasarkan hasil uji paired sample t-test yang memperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang diartikan bahwa 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran tematik kelas I MIS Ushuluddin Kota Singkawang tahun pelajaran 2022/2023. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject media kartu huruf en_US
dc.subject kemampuan membaca permulaan en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I MIS USHULUDDIN KOTA SINGKAWANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account