Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat
perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas V SDIT Al-Madinah
Pontianak sebelum menggunakan media video animasi pada kelas kontrol
dan kelas eksperimen; 2) Bagaimana penggunaan media video animasi pada
tema 2 kelas V di SDIT Al-Madinah Pontianak.; 3) Apakah terdapat
perbedaan hasil belajar setelah menggunakan media video animasi pada
kelas kontrol dan kelas eksperimen ; 4) Apakah terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media
video animasi pada tema 2 kelas V di SDIT Al-Madinah Pontianak.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen
semu(Quasi Eksperimen Design). Desain penelitian ini melakukan dua kali
test pada masing masing kelompok, test awal pembelajaran tidak
menggunakan media video animasi. Kemudian test akhir dikelompok
eksperimen diberi perlakuan berupa menggunakan media video animasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat
disimpulkan sebagai berikut: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum
menggunakan media video animasi tidak terdapat perbedaan, dibuktikan
dengan nilai sig. (two sided) data Pre-test kelas eksperimen dan kelas
kontrol sebesar 0,064 maka dari itu 0,064 > 0,05 yang berarti bahwa tidak
terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol sebelum menggunakan media video animasi. 2) Penggunaan media
video animasi di kelas V SDIT Al-Madinah telah berhasil digunakan dengan
mengacu pada langkah-langkah dalam penggunaannya. 3) Hasil belajar
peserta didik setelah menggunakan media video animasi terdapat perbedaan,
dibuktikan dengan nilai sig.(two sided) adalah 0,025 < 0,05 maka Ho ditolak
dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media video
animasi terhadap hasil belajar peserta didik. 3) Pengaruh yang diperoleh dari
penggunaan media video animasi dibuktikan dengan hasil belajar post-test
yang naik dengan signifikan di kelas eksperimen, dengan diketahui bahwa
Asymp. Sig (two- tailed) data post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol
sebesar 0,02 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima, artinya terdapat
perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan media
video animasi (kelas eksperimen) dan peserta didik tanpa menggunakan
media video animasi.