PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 2 KELAS V SDIT AL-MADINAH PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Muskania, Ricka Tesi
dc.contributor.author Widarsih, Dian
dc.date.accessioned 2023-07-03T04:28:14Z
dc.date.available 2023-07-03T04:28:14Z
dc.date.issued 2022-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3284
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas V SDIT Al-Madinah Pontianak sebelum menggunakan media video animasi pada kelas kontrol dan kelas eksperimen; 2) Bagaimana penggunaan media video animasi pada tema 2 kelas V di SDIT Al-Madinah Pontianak.; 3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar setelah menggunakan media video animasi pada kelas kontrol dan kelas eksperimen ; 4) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media video animasi pada tema 2 kelas V di SDIT Al-Madinah Pontianak. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen semu(Quasi Eksperimen Design). Desain penelitian ini melakukan dua kali test pada masing masing kelompok, test awal pembelajaran tidak menggunakan media video animasi. Kemudian test akhir dikelompok eksperimen diberi perlakuan berupa menggunakan media video animasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media video animasi tidak terdapat perbedaan, dibuktikan dengan nilai sig. (two sided) data Pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,064 maka dari itu 0,064 > 0,05 yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum menggunakan media video animasi. 2) Penggunaan media video animasi di kelas V SDIT Al-Madinah telah berhasil digunakan dengan mengacu pada langkah-langkah dalam penggunaannya. 3) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media video animasi terdapat perbedaan, dibuktikan dengan nilai sig.(two sided) adalah 0,025 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar peserta didik. 3) Pengaruh yang diperoleh dari penggunaan media video animasi dibuktikan dengan hasil belajar post-test yang naik dengan signifikan di kelas eksperimen, dengan diketahui bahwa Asymp. Sig (two- tailed) data post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,02 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima, artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan media video animasi (kelas eksperimen) dan peserta didik tanpa menggunakan media video animasi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Video en_US
dc.subject Animasi en_US
dc.subject tema 2 (organ pernapasan) en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 2 KELAS V SDIT AL-MADINAH PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account