Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi
materi sumber energi terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV. Penelitian ini
dilakukan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif
dengan jenis penelitian Quasi experimental. Desain penelitian yang digunakan ialah
Nonequivalent Control Group Design.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar
Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 50 peserta
didik. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling
yaitu, 25 peserta didik kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan 25 peserta didik
kelas IV A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
pilihan ganda berupa soal pretest-posttest dan observasi aktivitas mengajar guru.
Hasil penelitian menujukkan penggunaan media video animasi pada materi
sumber energi di kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak termasuk
dalam kategori sangat baik dengan nilai presentase sebesar 92%. Hasil belajar yang
diperoleh setelah menggunakan media video animasi menunjukan nilai rata-rata
posttest kelas eksperimen sebesar 86,40 lebih besar dari pada nilai rata-rata posttest
kelas kontrol sebesar 77,20. Hal ini berarti penggunaan media video animasi dapat
digunakan secara optimal untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Analisis data menggunakan Independent Samples T-Test menunjukkan nilai
Signifikansi = 0,000 < 0.05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha
diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh
dari penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar materi sumber energi
kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022.