PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author Firsada, Arif
dc.date.accessioned 2023-07-03T04:07:24Z
dc.date.available 2023-07-03T04:07:24Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3283
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi materi sumber energi terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi experimental. Desain penelitian yang digunakan ialah Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 50 peserta didik. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling yaitu, 25 peserta didik kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan 25 peserta didik kelas IV A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda berupa soal pretest-posttest dan observasi aktivitas mengajar guru. Hasil penelitian menujukkan penggunaan media video animasi pada materi sumber energi di kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai presentase sebesar 92%. Hasil belajar yang diperoleh setelah menggunakan media video animasi menunjukan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 86,40 lebih besar dari pada nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 77,20. Hal ini berarti penggunaan media video animasi dapat digunakan secara optimal untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Analisis data menggunakan Independent Samples T-Test menunjukkan nilai Signifikansi = 0,000 < 0.05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar materi sumber energi kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Video Animasi en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account