Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah keterampilan
pada peserta didik kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)
penggunaan strategi video comment yang divariasikan dengan
videoscribe 2) keterampilan gerak peserta didik dengan menggunakan
strategi video comment yang divariasikan dengan videoscribe 3)
pengaruh penggunaan strategi video comment yang di variasikan dengan
videoscribe 4) seberapa besar pengaruh penggunaan strategi video
comment yang di variasikan dengan videoscribe.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah
pendekatan Kuantitafif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen.
Desain penelitian yang digunakan ialah randomized solomon 4 group
design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Population
Sampling. Adapun jumlah sampel yang diteliti sebanyak 169 orang
peserta didik jumlah keseluruhan peserta didik yang ada padakelas III di
Min 1 Pontianak . Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan
dengan memberikan unjuk kerja diseratai observasi kegiatan
pembelajaran, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan penggunaan strategi video
comment yang di variasikan dengan videoscribe terhadap keterampilan
dalam pembelajaran PJOK materi teknik dasar bola basket kelas III
termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai persentase sebesar
100%. Keterampilan teknik dasar bola basket peserta didik setelah
menggunakan strategi video comment yang di variasikan dengan
videoscribe dalam pembelajaran PJOK materi teknik dasar bola basket
pada peserta didik kelas III menunjukan ada 95% nilai peserta didik
yang diatas KKM dan 5% yang nilainya telah cukup sesuai dengan
standar KKM ditentukan oleh sekolah. Hal ini berarti penggunaan
strategi video comment yang di variasikan dengan videoscribe sudah
dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil pembahasan diketahui besarnya hasil yang signifikan
pengaruh yang diperoleh dari data Independen Sampel t test di atas,
diketahui nilai sig.(2sided) adalah 0,00 < 0,05 maka, Ho ditolak dan Ha
diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang
berarti terdapat pengaruh dari penggunaan strategi video comment yang
divariasikan degan videoscribe terhadap keterampilan teknik dasar bola
basket pada peserta didik kelas III di madrasah ibtidaiyah negeri 1
pontianak tahun ajaran 2021-2022.