Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena yang terjadi di SDN 53
Sungai Raya.Bahwa rendahnya nilai hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
tematik, dikarenakan belum menggunakan model pembelajaran yang tepat
semestinya pembelajaran dapat menggunakan berbagai model pembelajaran untuk
meningkatkan hasil belajar, diantara model pembelajaran yang digunakan adalah
Model Pembelajaran SAVI secara online dapat mengatasi kesulitan dalam proses
pembelajaran peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1)
Pelaksanaan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectualy
(SAVI) Secara Online (2) Hasil belajar pada subtema komponen ekosistem peserta
didik; dan (3) Signifikasikan pengaruh Model pembelajaran Somatic, Auditory,
Visualization, Intelectualy (SAVI) secara online terhadap hasil belajar peserta didik
kelas V SDN 53 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2020/2021.
Untuk mencapai tujuan penelian ini menggunakan metode eksperimen
dengan jenis penelitian kuantitatif desain penelitian Quasi Experimental Design.
Sumber data adalah seluruh peserta didik kelas V sebanyak 2 kelas. Data
dikumpulkan melalui pengukuran observasi dan dokumen dengan proses
kerjannya: (1) Analisis instrumen data berupa validitas, reliabilitas, tingkat
kesukaran dan indek daya beda; (2) Analisis deskriptif berupa mean, median,
modus dan persentase; (3) Analisis pengaruh berupa uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji t yang dipaparkan secara sistematis, faktual dan aktual.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan model pembelajaran Somatic,
Auditory, Visualization, Intelectualy (SAVI) secara online memiliki rata-rata hitung
(Mean) adalah 81,00% termasuk pada kategori baik; (2) Hasil belajar peserta didik
kelas eksperimen saat pretes memiliki rata-rata sebesar 57,57% dan saat postes
mengalami peningkatan sebesar 24,67% menjadi 82,24%. Sedangkan hasil belajar
peserta didik di kelas kontrol saat pretes memiliki rata-rata sebesar 60,80% dan
pada saat postes mengalami peningkatan sebesar 19,6% menjadi 80,40%.
Berdasarkan data tersebut kelas ekperimen maupun kelas kontrol untuk pretes
termasuk kategori cukup, dan postes termasuk kategori baik; (3) terdapat pengaruh
yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Somatic, Auditory,
Visualization, Intelectualy (SAVI) terhadap hasil belajar melalui perhitungan uji-t
bahwa diketahui nilai t-hitung untuk rata-rata hasil belajar pretes dan postes adalah
-11,697 dengan probabilitas (Sig.) 0,000. Karena probabilitas (Sig.) 0,000 < 0,05
maka H0 Ditolak.