PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI SECARA ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM DI KELAS V SDN 53 SUNGAI RAYA TAHUN AJARAN 2020/ 2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariansyah, Hariansyah
dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.author Rahmawati, Nuzila
dc.date.accessioned 2023-05-15T03:55:33Z
dc.date.available 2023-05-15T03:55:33Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2984
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena yang terjadi di SDN 53 Sungai Raya.Bahwa rendahnya nilai hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tematik, dikarenakan belum menggunakan model pembelajaran yang tepat semestinya pembelajaran dapat menggunakan berbagai model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar, diantara model pembelajaran yang digunakan adalah Model Pembelajaran SAVI secara online dapat mengatasi kesulitan dalam proses pembelajaran peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectualy (SAVI) Secara Online (2) Hasil belajar pada subtema komponen ekosistem peserta didik; dan (3) Signifikasikan pengaruh Model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectualy (SAVI) secara online terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 53 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk mencapai tujuan penelian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif desain penelitian Quasi Experimental Design. Sumber data adalah seluruh peserta didik kelas V sebanyak 2 kelas. Data dikumpulkan melalui pengukuran observasi dan dokumen dengan proses kerjannya: (1) Analisis instrumen data berupa validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan indek daya beda; (2) Analisis deskriptif berupa mean, median, modus dan persentase; (3) Analisis pengaruh berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t yang dipaparkan secara sistematis, faktual dan aktual. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectualy (SAVI) secara online memiliki rata-rata hitung (Mean) adalah 81,00% termasuk pada kategori baik; (2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen saat pretes memiliki rata-rata sebesar 57,57% dan saat postes mengalami peningkatan sebesar 24,67% menjadi 82,24%. Sedangkan hasil belajar peserta didik di kelas kontrol saat pretes memiliki rata-rata sebesar 60,80% dan pada saat postes mengalami peningkatan sebesar 19,6% menjadi 80,40%. Berdasarkan data tersebut kelas ekperimen maupun kelas kontrol untuk pretes termasuk kategori cukup, dan postes termasuk kategori baik; (3) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectualy (SAVI) terhadap hasil belajar melalui perhitungan uji-t bahwa diketahui nilai t-hitung untuk rata-rata hasil belajar pretes dan postes adalah -11,697 dengan probabilitas (Sig.) 0,000. Karena probabilitas (Sig.) 0,000 < 0,05 maka H0 Ditolak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject model Somatic en_US
dc.subject Auditory en_US
dc.subject Visualization en_US
dc.subject Intelectualy (SAVI) en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI SECARA ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM DI KELAS V SDN 53 SUNGAI RAYA TAHUN AJARAN 2020/ 2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account