Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi telah digunakannya aplikasi edmodo dalam
pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak yang sudah
berjalan kurang lebih 2 tahun. Tapi hingga saat ini belum pernah dilakukan
penelitian dan peninjauan terhadap pelaksanaan program aplikasi ini. Penelitian ini
secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan penggunaan aplikasi
edmodo terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik SD
Muhammadiyah 2 Pontianak. Adapun tujuan penelitian ini secara khusus yaitu (1)
Mendeskripsikan penggunaan aplikasi edmodo dalam pembelajaran, (2)
Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas IV dalam pembelajaran tematik
sebelum dan sesudah diterapkan edmodo, dan (3) hubungan penggunaan aplikasi
Edmodo terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta
didik kelas IV CI di Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak yang berjumlah
23 peserta didik dan sekaligus diambil sebagai sampel dengan menggunakan teknik
porposiv sampling. Data diperoleh dengan menggunakan dokumentasi dan blanko
observasi/pengamatan.
Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa “Tidak ada hubungan
antara penggunaan edmodo terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
tematik kelas IV CI SD Muhammadiyah 2 Pontianak”. Adapun hasil penelitian ini
secara khusus menunjukkan bahwa : (1) penggunaan aplikasi edmodo dalam
pembelajaran tematik tidak sepenuhnya digunakan saat pembelajaran dilakukan
secara daring, namun edmodo merupakan media pembelajaran daring yang
berperan sebagai media alternatif pendukung pembelajaran saat pandemi covid-19,
(2) hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan edmodo dan sesudah
menggunakan edmodo dalam pembelajaran tematik saat daring tidak terdapat
pengaruh yang signifikan, nilai sebelum menggunakan Edmodo 93,52, nilai
sesudah menggunakan edmodo 93,17 penggunaan aplikasi edmodo dalam
pembelajaran tematik saat daring sedikit rendah daripada sebelum menggunakan
aplikasi edmodo. Koefisien antara penggunaan aplikasi edmodo terhadap hasil
belajar peserta didik diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,828 >0,05 maka artinya,
tidak ada pengaruh antara penggunaan aplikasi edmodo terhadap hasil belajar
peserta didik pada pembelajaran tematik (3) Tidak terdapat hubungan antara
penggunaan aplikasi edmodo terhadap hasil belajar tematik. Berdasarkan hasil uji
korelasi yang diperoleh nilai sig (2-tailed= 0,13) >0,05.