HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN APLIKASI EDMODO DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author Surgani, Ghilda
dc.date.accessioned 2023-05-15T03:18:06Z
dc.date.available 2023-05-15T03:18:06Z
dc.date.issued 2022-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2982
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi telah digunakannya aplikasi edmodo dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak yang sudah berjalan kurang lebih 2 tahun. Tapi hingga saat ini belum pernah dilakukan penelitian dan peninjauan terhadap pelaksanaan program aplikasi ini. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan penggunaan aplikasi edmodo terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik SD Muhammadiyah 2 Pontianak. Adapun tujuan penelitian ini secara khusus yaitu (1) Mendeskripsikan penggunaan aplikasi edmodo dalam pembelajaran, (2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas IV dalam pembelajaran tematik sebelum dan sesudah diterapkan edmodo, dan (3) hubungan penggunaan aplikasi Edmodo terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV CI di Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak yang berjumlah 23 peserta didik dan sekaligus diambil sebagai sampel dengan menggunakan teknik porposiv sampling. Data diperoleh dengan menggunakan dokumentasi dan blanko observasi/pengamatan. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa “Tidak ada hubungan antara penggunaan edmodo terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV CI SD Muhammadiyah 2 Pontianak”. Adapun hasil penelitian ini secara khusus menunjukkan bahwa : (1) penggunaan aplikasi edmodo dalam pembelajaran tematik tidak sepenuhnya digunakan saat pembelajaran dilakukan secara daring, namun edmodo merupakan media pembelajaran daring yang berperan sebagai media alternatif pendukung pembelajaran saat pandemi covid-19, (2) hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan edmodo dan sesudah menggunakan edmodo dalam pembelajaran tematik saat daring tidak terdapat pengaruh yang signifikan, nilai sebelum menggunakan Edmodo 93,52, nilai sesudah menggunakan edmodo 93,17 penggunaan aplikasi edmodo dalam pembelajaran tematik saat daring sedikit rendah daripada sebelum menggunakan aplikasi edmodo. Koefisien antara penggunaan aplikasi edmodo terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,828 >0,05 maka artinya, tidak ada pengaruh antara penggunaan aplikasi edmodo terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik (3) Tidak terdapat hubungan antara penggunaan aplikasi edmodo terhadap hasil belajar tematik. Berdasarkan hasil uji korelasi yang diperoleh nilai sig (2-tailed= 0,13) >0,05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Aplikasi Edmodo en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject pembelajaran tematik daring en_US
dc.title HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN APLIKASI EDMODO DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account