Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan
menyimak dongeng peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan keterampilan menyimak dongeng dengan menggunakan
media Pop Up Book pada siswa kelas II MIS Al-Ihsan Pontianak.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), sumber
data terdiri dari guru dan siswa kelas II. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini adalah teknik observasi (pengamatan), teknik pengukuran
(tes), dan teknik dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang
digunakan adalah pedoman observasi, foto, dan lembar tes.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa keterampilan menyimak dongeng siswa sebelum
menggunakan media Pop Up Book pada siswa kelas II MIS Al-Ihsan
Pontianak mendapatkan nilai rata-rata sebesar 57,59 dengan persentase
36,36%. Keterampilan menyimak dongeng setelah menggunakan media
Pop Up Book pada siswa kelas II MIS Al-Ihsan Pontianak mendapatkan
nilai rata-rata 85,55 dengan persentase 100% yang sudah termasuk dalam
kategori baik. Setelah memperoleh data dan dihitung menggunakan
microsoft excel menyatakan bahwa terdapat peningkatan keterampilan
menyimak dongeng antara sebelum dan setelah menggunakan media Pop
Up Book pada siswa kelas II Mis Al-Ihsan Pontianak dengan peningkatan
sebesar 85,71%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Pop Up
Book dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng dengan
menggunakan media Pop Up Book pada siswa kelas II Mis Al-Ihsan
Pontianak.