Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian serta
antusias peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, strategi
pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi hanya
menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, serta media yang belum
memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: hasil pretest pada
penggunaan model Example Non Example dalam pembelajaran kooperatif
tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Subtema 2 Pembelajaran ke-4 pada
peserta didik kelas IV di MIS Nurul Hasanah Tahun Pelajaran 2021/2022;
Penggunaan model Example Non Example dalam pembelajaran kooperatif
tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Subtema 2 Pembelajaran ke-4 pada
peserta didik kelas IV di MIS Nurul Hasanah Tahun Pelajaran 2021/2022;
Hasil postest pada tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Subtema 2
Pembelajaran ke-4 pada peserta didik kelas IV di MIS Nurul Hasanah Tahun
Pelajaran 2021/2022; Signifikansi pengaruh penggunaan model Example Non
Example terhadap Hasil belajar tema Indahnya Keberagaman di Negeriku
Subtema 2 Pembelajaran ke-4 pada peserta didik kelas IV di MIS Nurul
Hasanah Tahun Pelajaran 2021/2022; dan besar pengaruh penggunaan model
Example Non Example terhadap Hasil belajar tema Indahnya Keberagaman
di Negeriku Subtema 2 Pembelajaran ke-4 pada peserta didik kelas IV di MIS
Nurul Hasanah Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
Eksperimen jenis Quasi Experiment (eksperiment semu) dengan desain The
Non Equivalent Pre Test-Postest Group Desain. Penelitian dilakukan pada
bulan November yang berlokasi di MIS Nurul Hasanah Sui. Nipah. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di MIS Nurul
Hasanah yaitu kelas IV A sebanyak 28 orang dan kelas IV B sebanyak 27
orang dengan jumlah keseluruhan adalah 55 peserta didik. Teknik yang
digunakan dalam penelitian yaitu: 1) Teknik Pengukuran, 2) Teknik
Observasi Langsung, dan 3) Teknik Studi Dokumen. Adapun Pengumpulan
data menggunakan 1) Tes, 2) Pedoman Observasi, dan 3) peralatan digital.
Dan terakhir analisis data menggunakan 1) Analisis Instrumen, 2) Analisis
Deskriptif, 3) Analisis Regresi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil uji hipotesis adalah
sebesar 1.200 dengan probabilitas (Sig.) 0,035. Karena probabilitas (Sig.)
0,000<0,05 maka H0 Ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar peserta didik menggunakan pembelajaran kooperatif
model Example Non Example dan metode ceramah, itu terbukti dari hasil
belajar kelas eksperimen pada saat pretes memiliki rata-rata sebesar 48,21
dan pada saat post tes mengalami peningkatan sebesar 35,18 menjadi 83,39. Dan Perhitungan pada indeks determinasi yang tercantum pada Model
Summaryb yaitu sebesar 0,401. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh
dari penggunaaan pembelajaran kooperatif model Example Non Example
terhadap hasil belajar sebesar 0,401 x 100% = 40,1% termasuk dalam kategori
“Cukup Baik”.