PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL HASANAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.author Ningsi, Darma
dc.date.accessioned 2023-05-15T03:00:27Z
dc.date.available 2023-05-15T03:00:27Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2980
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian serta antusias peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, strategi pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, serta media yang belum memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: hasil pretest pada penggunaan model Example Non Example dalam pembelajaran kooperatif tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Subtema 2 Pembelajaran ke-4 pada peserta didik kelas IV di MIS Nurul Hasanah Tahun Pelajaran 2021/2022; Penggunaan model Example Non Example dalam pembelajaran kooperatif tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Subtema 2 Pembelajaran ke-4 pada peserta didik kelas IV di MIS Nurul Hasanah Tahun Pelajaran 2021/2022; Hasil postest pada tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Subtema 2 Pembelajaran ke-4 pada peserta didik kelas IV di MIS Nurul Hasanah Tahun Pelajaran 2021/2022; Signifikansi pengaruh penggunaan model Example Non Example terhadap Hasil belajar tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Subtema 2 Pembelajaran ke-4 pada peserta didik kelas IV di MIS Nurul Hasanah Tahun Pelajaran 2021/2022; dan besar pengaruh penggunaan model Example Non Example terhadap Hasil belajar tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Subtema 2 Pembelajaran ke-4 pada peserta didik kelas IV di MIS Nurul Hasanah Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Eksperimen jenis Quasi Experiment (eksperiment semu) dengan desain The Non Equivalent Pre Test-Postest Group Desain. Penelitian dilakukan pada bulan November yang berlokasi di MIS Nurul Hasanah Sui. Nipah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di MIS Nurul Hasanah yaitu kelas IV A sebanyak 28 orang dan kelas IV B sebanyak 27 orang dengan jumlah keseluruhan adalah 55 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu: 1) Teknik Pengukuran, 2) Teknik Observasi Langsung, dan 3) Teknik Studi Dokumen. Adapun Pengumpulan data menggunakan 1) Tes, 2) Pedoman Observasi, dan 3) peralatan digital. Dan terakhir analisis data menggunakan 1) Analisis Instrumen, 2) Analisis Deskriptif, 3) Analisis Regresi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil uji hipotesis adalah sebesar 1.200 dengan probabilitas (Sig.) 0,035. Karena probabilitas (Sig.) 0,000<0,05 maka H0 Ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik menggunakan pembelajaran kooperatif model Example Non Example dan metode ceramah, itu terbukti dari hasil belajar kelas eksperimen pada saat pretes memiliki rata-rata sebesar 48,21 dan pada saat post tes mengalami peningkatan sebesar 35,18 menjadi 83,39. Dan Perhitungan pada indeks determinasi yang tercantum pada Model Summaryb yaitu sebesar 0,401. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh dari penggunaaan pembelajaran kooperatif model Example Non Example terhadap hasil belajar sebesar 0,401 x 100% = 40,1% termasuk dalam kategori “Cukup Baik”. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Example Non Example en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL HASANAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account