Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi di temukannya masalah berkaitan dengan siswa
kelas III yang bisa membaca tapi belum mampu memahami isi bacaan. Pada siswa kelas
III masih terdapat siswa yang bisa membaca namun belum mampu memahamii isi bacaan
dengan persentase sebesar 30,20%. Masalah ini disebabkan karena dalam proses
pembelajaran guru kurang melatih siswa untuk memahami isi bacaan yang dibaca hanya
mengarahkan kepada siswa bisa membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
masalah penelitian yang terdiri dari: (1) aktivitas membaca sebelum menerapkan media
komik pada tema 3 di kelas III SDI Al-Aziz Sungai Ambawang tahun ajaran 2021/2022.
(2) penerapan media komik pada tema 3 subtema 3 di kelas III SDI Al-Aziz Sungai
Ambawang tahun ajaran 2021/2020. (3) aktivitas membaca siswa setelah menerapkan
media komik pada tema 2 subtema 3 di kelas III SDI Al-Aziz Sungai Ambawang tahun
ajaran 2021/2022. (4) peningkatan aktivitas membaca siswa dengan menerapkan media
komik pada tema 3 subtema 3 di kelas III SDI Al-Aziz Sungai Ambawang tahun ajaran
2021/2022. .
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan
kelas dan mengambil lokasi di SDI Al-Aziz Sungai Ambawang. Adapun teknik
pengumpulan data digunakan yaitu teknik observasi dan teknik dokumentasi. Alat
pengumpulan data berupa lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskripstif berupa mean dan persentase.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpilkan bahwa: (1)
aktivitas membaca siswa sebelum menerapkan media komik di kelas III, rata-rata
keseluruhan pada pra siklus yaitu sebesar 30,20% dengan kategori kurang. (2) penerapan
media komik di kelas III pada sikus I memperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 3,25.
Sedangkan pada siklus II penerapan media komik memperoleh rata-rata keseluruhan
sebesar 4,00. (3) aktivitas membaca siswa setelah menerapkan media komik di kelas III,
pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 53,27% dengan kategori cukup. Pada siklus II
memperoleh sebesar 80,35% dengan kategori sangat baik.(4) terdapat peningkatan
aktivitas membaca siswa setelah menerapkan media komik di kelas III siklus I dan II
sebesar 27,08%.