Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Materi apa yang
disampaikan pada pembelajaran IPA secara daring pada kelas IV di SDN 16
Pontianak Timur? (2) Apa saja media dan sumber belajar yang digunakan pada
pembelajaran IPA secara daring di SDN 16 Pontianak Timur? (3) Bagaimana
langkah-langkah pembelajaran secara daring pada kelas IV di SDN 16 Pontianak
Timur?
. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini
terdiri dari guru dan siswa kelas IV SD Negeri 16 Pontianak Timur yang
mengikuti mata pelajaran IPA. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data
adalah teknik wawancara. Meski materi yang semestinya lebih efektif dilakukan
secara luring, namun dengan kondisi pandemi proses pembelajaran harus
dilaksanakan secara daring dengan tanpa mengurangi tujuan dan materi yang
disampaikan agar siswa dalam memahami materi Siklus Hidup Makhluk Hidup
bisa dilakukan.
Pelaksanaan pembelajaran secara daring Mata Pelajaran IPA selama Pandemi
Covid-19 pada siswa Kelas IV SDN 16 Pontianak Timur penulis kategorikan
berjalan cukup baik dimana seluruhnya dilakukan berdasarkan perencanaan
pembelajaran yang sudah disusun. Sedangkan untuk evaluasi pembelajaran
dilakukan berdasarkan penugasan yang diberikan. Demikian juga dengan
keterlibatan orang tua, penelitian ini menemukan keterlibatan orang tua sangat
aktif, walaupun masih ada juga yang pasif. Keterlibatan orang tua yang pasif
hanya sekitar 10 %.