Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik
sebelum menggunakan media animasi pada materi organ gerak hewan dan manusia
kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Madinah Pontianak; 2) Hasil belajar
peserta didik setelah menggunakan media animasi pada materi organ gerak hewan
dan manusia kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Madinah Pontianak; 3)
Pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik pada
materi organ gerak hewan dan manusia kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al
Madinah Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian PreExperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Grup Pretest-Posttest
Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 peserta didik kelas V putra.
Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes, teknik observasi
dan teknik dokumentasi. Instrumen untuk mengumpulkan data yang dipergunakan
berbentuk tes pilihan ganda, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data
dengan melakukan uji instrumen, analisis butir soal, uji prasyarat analisis data dan
uji hipotesis (Uji Paired Sampel t-test) menggunakan aplikasi SPSS V21.
Berdasarkan hasil analisis data, maka peneliti mengambil kesimpulan
antaranya: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media animasi
pada organ gerak hewan dan manusia kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al
Madinah Pontianak menunjukkan nilai peserta didik yang mendapatkan nilai
tertinggi yaitu 90 dan peserta didik yang mendapatkan nilai terendah yaitu 40
dengan nilai rata-rata sebesar 63,23 termasuk kategori cukup; (2) Hasil belajar
peserta didik setelah menggunakan media animasi pada materi organ gerak hewan
dan manusia kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Madinah Pontianak
menunjukkan peningkatan peserta didik yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu 95
dan peserta didik yang mendapatkan nilai terendah yaitu 55 dengan nilai rata-rata
sebesar 80,19 termasuk kategori baik; (3) Pada hasil uji t (paired sample t-test)
maka diperoleh tthitung 10,159 > ttabel 2,059 dan sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 maka
Ho ditolak 85 dan Ha diterima. Dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan hasil sebelum dan sesudah diberi media animasi sehingga dapat
disimpulkan terdapat pengaruh media animasi terhadap hasil belajar materi organ
gerak hewan dan manusia kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Madinah
Pontianak.