PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL MADINAH PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Aprilyanti, Media
dc.contributor.author Aprianda, Refa
dc.date.accessioned 2023-03-29T04:47:13Z
dc.date.available 2023-03-29T04:47:13Z
dc.date.issued 2023-02-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2629
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media animasi pada materi organ gerak hewan dan manusia kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Madinah Pontianak; 2) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media animasi pada materi organ gerak hewan dan manusia kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Madinah Pontianak; 3) Pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi organ gerak hewan dan manusia kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Madinah Pontianak. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian PreExperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Grup Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 peserta didik kelas V putra. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Instrumen untuk mengumpulkan data yang dipergunakan berbentuk tes pilihan ganda, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dengan melakukan uji instrumen, analisis butir soal, uji prasyarat analisis data dan uji hipotesis (Uji Paired Sampel t-test) menggunakan aplikasi SPSS V21. Berdasarkan hasil analisis data, maka peneliti mengambil kesimpulan antaranya: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media animasi pada organ gerak hewan dan manusia kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Madinah Pontianak menunjukkan nilai peserta didik yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu 90 dan peserta didik yang mendapatkan nilai terendah yaitu 40 dengan nilai rata-rata sebesar 63,23 termasuk kategori cukup; (2) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media animasi pada materi organ gerak hewan dan manusia kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Madinah Pontianak menunjukkan peningkatan peserta didik yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu 95 dan peserta didik yang mendapatkan nilai terendah yaitu 55 dengan nilai rata-rata sebesar 80,19 termasuk kategori baik; (3) Pada hasil uji t (paired sample t-test) maka diperoleh tthitung 10,159 > ttabel 2,059 dan sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak 85 dan Ha diterima. Dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil sebelum dan sesudah diberi media animasi sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh media animasi terhadap hasil belajar materi organ gerak hewan dan manusia kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Madinah Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Animasi en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL MADINAH PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account