Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi tentang masalah hasil belajar peserta
didik yang kurang maksimal serta kurangnya media dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar sebelum
penggunaan strategi SQ3R Berbantuan Media Pohon Pintar (2) Langkah –
langkah penggunaan strategi SQ3R Berbantuan Media Pohon Pintar (3) Hasil
belajar sesudah penggunaan strategi SQ3R Berbantuan Media Pohon Pintar.
Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Research). Peneliti memutuskan menggunakan metode ini
dikarenakan PTK dilakukan dalam kelas ketika proses pembelajaran sedang
berlangsung, terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian
ini adalah siswa kelas IV SDN 71 Tahun 2021/2022, sejumlah 32 orang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan mean dan presentase.
Berdasarkan penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil
belajar gagasan pokok. Hal ini di buktikan dengan kriteria ketuntasan
minimal (KKM) sebesar 70 diperoleh nilai rata hasil belajar sebelum
dilaksanakan tindakan sebesar 55,3 dengan ketuntasan klasikal 18,7% Pada
siklus I menunjukkan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar keseluruhan
mencapai 70,9 dengan ketuntasan klasikal 62,5% . Pada siklus II
menunjukkan peningkatan nilai rata-rata keseluruhan meningkat menjadi
82,5 dengan ketuntasan klasikal 90,6% Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penggunaan strategi SQ3R berbantuan model pohon pintar pada
materi gagasan pokok dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas
IV Sdn 71 Pontianak Barat Tahun 2021/2022.