PENGGUNAAN STRATEGI SQ3R (SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW) BERBANTUAN MEDIA POHON PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GAGASAN POKOK SUB TEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU DI KELAS IV SDN 71 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.author Safitri, Safitri
dc.date.accessioned 2023-03-29T04:22:58Z
dc.date.available 2023-03-29T04:22:58Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2628
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi tentang masalah hasil belajar peserta didik yang kurang maksimal serta kurangnya media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar sebelum penggunaan strategi SQ3R Berbantuan Media Pohon Pintar (2) Langkah – langkah penggunaan strategi SQ3R Berbantuan Media Pohon Pintar (3) Hasil belajar sesudah penggunaan strategi SQ3R Berbantuan Media Pohon Pintar. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Peneliti memutuskan menggunakan metode ini dikarenakan PTK dilakukan dalam kelas ketika proses pembelajaran sedang berlangsung, terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 71 Tahun 2021/2022, sejumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan mean dan presentase. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar gagasan pokok. Hal ini di buktikan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 70 diperoleh nilai rata hasil belajar sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 55,3 dengan ketuntasan klasikal 18,7% Pada siklus I menunjukkan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar keseluruhan mencapai 70,9 dengan ketuntasan klasikal 62,5% . Pada siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata keseluruhan meningkat menjadi 82,5 dengan ketuntasan klasikal 90,6% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi SQ3R berbantuan model pohon pintar pada materi gagasan pokok dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV Sdn 71 Pontianak Barat Tahun 2021/2022. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi SQ3R en_US
dc.subject Media Pohon Pintar en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGGUNAAN STRATEGI SQ3R (SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW) BERBANTUAN MEDIA POHON PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GAGASAN POKOK SUB TEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU DI KELAS IV SDN 71 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021-2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account