Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan strategi Critical
Incident divariasikan media Pop Up Book pada Tematik tema tugasku sehari-hari di
sekolah dapat meningkatkan aktivitas belajar”. Penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan langkahlangkah penelitian tindakan kelas, terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi.
Penelitian ini mengacu pada beberapa aktivitas belajar yaitu aktivitas fisik,
aktivitas mental, aktivitas emosional adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, teknik analisis data yang
digunakan dalam rata-rata persentase, yang dilaksanakan di kelas II yang berjumlah
30 orang.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan setelah
menggunakan strategi Critical Incident divariasikan media Pop Up Book dalam
pembelajaran Tema Tugasku Sehari-hari, hal itu dilihat pada aktivitas belajar
prasiklus sebesar 60% dengan kategori sedang menjadi 73% pada siklus I dengan
kategori tinggi dan pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 87%
dengan kategori sangat tinggi. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa
penggunaan strategi Critical Incident divariasikan media Pop Up Book dan Tema
Tugasku Sehari-hari dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.