Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya peserta didik memahami materi
yang disampaikan guru dan sulitnya peserta didik dalam menjawab soal sehingga
rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)
bagaimana penerapan media diorama (2) bagaimana hasil belajar peserta didik
sebelum menggunakan media diorama (3) bagaimana hasil belajar peserta didik
setelah menggunakan media diorama (4) apakah terdapat pengaruh pengunaan
media dioramaterhadap hasil belajar
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen
semu (quasi ekspriment design). Penelitian ini terdiri dari 43 peserta didik, 21
peserta didik kelompok eksprimen dan 22 peserta didik kelompok kontrol, desain
penelitian ini melakukan dua kali tes yang pada masing-masing kelompok, test awal
pembelajaran tidak menggunakan media diorama. Kemudian ditest terakhir pada
kelompok eksprimen diberi perlakuan menggunakan media diorama. Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1)
Penerepan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar akan mempermudah
peserta didik untuk menguasai materi dan penerapan media diorama dilakuan
dengan baik sehingga peserta didik lebih antusias dalam belajar (2) Hasil belajar
peserta didik sebelum menggunakan media diorama dengan nilai tertinggi pada
kelompok eksprimen 73,3 dan nilai terendah 40. Sedangkan pada kelompok kontrol
nilai teringgi 70 dan nilai terendah 40. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa
sebelum menggunakan media pembelajaran atau Pretest memperoleh nilai rata-rata
kelompok eksprimen 58,23 sedangkan kelompok kontrol 53,30 (3) hasil belajar
perlakuan menggunakan media, sehingga diperoleh nilai rata peserta posttest
kelompok eksprimen nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 83,3 sehingga rata-rata
93 dengan kata kategori sangat baik (4) Setelah diterapkan media diorama kepada
peserta didik maka terdapat pengaruh yang signitifikasi 0,132 dari penggunaan
media diorama sedangkan hasil hipotesisi diperoleh nilai sig. (2 –tailed) 0,00
menunjukkan lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis
tersebut, maka Ho diterima artinya terdapat pengaruh yang sigtitifikasi setelah
menggunakan media diorama terhadap hasil belajar pembelajaran tematik tema
cuaca kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak.