PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA CUACA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor H, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author Jannah, Muthmainnah Zahratul
dc.date.accessioned 2023-03-29T04:02:34Z
dc.date.available 2023-03-29T04:02:34Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2626
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya peserta didik memahami materi yang disampaikan guru dan sulitnya peserta didik dalam menjawab soal sehingga rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana penerapan media diorama (2) bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media diorama (3) bagaimana hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media diorama (4) apakah terdapat pengaruh pengunaan media dioramaterhadap hasil belajar Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen semu (quasi ekspriment design). Penelitian ini terdiri dari 43 peserta didik, 21 peserta didik kelompok eksprimen dan 22 peserta didik kelompok kontrol, desain penelitian ini melakukan dua kali tes yang pada masing-masing kelompok, test awal pembelajaran tidak menggunakan media diorama. Kemudian ditest terakhir pada kelompok eksprimen diberi perlakuan menggunakan media diorama. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerepan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar akan mempermudah peserta didik untuk menguasai materi dan penerapan media diorama dilakuan dengan baik sehingga peserta didik lebih antusias dalam belajar (2) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media diorama dengan nilai tertinggi pada kelompok eksprimen 73,3 dan nilai terendah 40. Sedangkan pada kelompok kontrol nilai teringgi 70 dan nilai terendah 40. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa sebelum menggunakan media pembelajaran atau Pretest memperoleh nilai rata-rata kelompok eksprimen 58,23 sedangkan kelompok kontrol 53,30 (3) hasil belajar perlakuan menggunakan media, sehingga diperoleh nilai rata peserta posttest kelompok eksprimen nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 83,3 sehingga rata-rata 93 dengan kata kategori sangat baik (4) Setelah diterapkan media diorama kepada peserta didik maka terdapat pengaruh yang signitifikasi 0,132 dari penggunaan media diorama sedangkan hasil hipotesisi diperoleh nilai sig. (2 –tailed) 0,00 menunjukkan lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis tersebut, maka Ho diterima artinya terdapat pengaruh yang sigtitifikasi setelah menggunakan media diorama terhadap hasil belajar pembelajaran tematik tema cuaca kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media diorama en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA CUACA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account