Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik belum
mencapai nilai KKM yaitu 70. Hal ini dikarenaka belum maksimalnya penggunaan
media pembelajaran yang bervariasi sehingga peserta didik merasa kesulitan
memahami materi yang disampaikan, juga membuat suasana belajar kurang
menarik yang mengakibatkan peserta didik merasa bosan dan lebih memilih
bermain dan berbicara bersama temannya pada saat guru menjelaskan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan: (1) Penggunaan media
animasi dalam pembelajaran peserta tema 1 subtema keberagaman budaya
bangsaku kelas IV MI Miftahussalm Wajok Hulu Tahun Pelajaran 2021/2022, (2)
hasil belajar peserta didik tema 1 subtema keberagaman budaya bangsaku sebelum
dan sesudah menggunakan media animasi kelas IV MI Miftahussalam Wajok Hulu
Tahun Pelajaran 2021/2022, (3) besarnya pengaruh penggunaan media animasi
terhadap hasil belajar peserta didik tema 1 subtema keberagaman budaya bangsu
kelas IV MI Miftahussalam Wajok Hulu Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan
desain penelitian One-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas IV MI Miftahussalam Wajok Hulu yang berjumlah 24 peserta
didik dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik
pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes (pretest-posttest) yang
berjumlah 20 soal, observasi yang berjumlah 7 item. Analisis yang digunakan
adalah anaslisis statistik deskriptif (rata-rata, effect size) dan analisis statistik
inferensial (uji t paired sampel t-test).
Hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: (1) Penggunaan media animasi dalam pembelajaran tema 1
subtema keberagaman budaya bangsaku pada pertemuan pertama diperoleh nilai
presentase 83,33 dengan kategori baik, sedangkan pada pertemuan kedua diperoleh
nilai presentase 100% dengan kategori sangat baik, (2) hasil belajar peserta didik
sebelum menggunakan media anaimasi (pretest) nilai rata-rata sebesar 56.6 dengan
kategori cukup dan setelah menggunakan media animasi (posttest) nilai rat-rata
sebesar 74,5 dengan kategori baik (3) Pengaruh penggunaan media animasi
diperoleh dari hasil analisis inferensial dengan nilai sig (2- tailed) sebesar 0,000 <
0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Besar pengaruh media animasi
diperoleh sebesar 1,36 yang tergolong tinggi. Berdasarkan data di atas maka apat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media animasi
terhadap hasil belajar peserta didik tema 1 subtema keberagaman budaya bangsaku
kelas IV MI Miftahussalam Wajok Hulu Tahun Pelajaran 2021/2022.