PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 1 SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU KELAS IV MI MIFTAHUSSALAM WAJOK HULU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author Ghasyiyah, Ghasyiyah
dc.date.accessioned 2023-03-29T03:50:45Z
dc.date.available 2023-03-29T03:50:45Z
dc.date.issued 2022-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2625
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik belum mencapai nilai KKM yaitu 70. Hal ini dikarenaka belum maksimalnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi sehingga peserta didik merasa kesulitan memahami materi yang disampaikan, juga membuat suasana belajar kurang menarik yang mengakibatkan peserta didik merasa bosan dan lebih memilih bermain dan berbicara bersama temannya pada saat guru menjelaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan: (1) Penggunaan media animasi dalam pembelajaran peserta tema 1 subtema keberagaman budaya bangsaku kelas IV MI Miftahussalm Wajok Hulu Tahun Pelajaran 2021/2022, (2) hasil belajar peserta didik tema 1 subtema keberagaman budaya bangsaku sebelum dan sesudah menggunakan media animasi kelas IV MI Miftahussalam Wajok Hulu Tahun Pelajaran 2021/2022, (3) besarnya pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik tema 1 subtema keberagaman budaya bangsu kelas IV MI Miftahussalam Wajok Hulu Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain penelitian One-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Miftahussalam Wajok Hulu yang berjumlah 24 peserta didik dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes (pretest-posttest) yang berjumlah 20 soal, observasi yang berjumlah 7 item. Analisis yang digunakan adalah anaslisis statistik deskriptif (rata-rata, effect size) dan analisis statistik inferensial (uji t paired sampel t-test). Hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Penggunaan media animasi dalam pembelajaran tema 1 subtema keberagaman budaya bangsaku pada pertemuan pertama diperoleh nilai presentase 83,33 dengan kategori baik, sedangkan pada pertemuan kedua diperoleh nilai presentase 100% dengan kategori sangat baik, (2) hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media anaimasi (pretest) nilai rata-rata sebesar 56.6 dengan kategori cukup dan setelah menggunakan media animasi (posttest) nilai rat-rata sebesar 74,5 dengan kategori baik (3) Pengaruh penggunaan media animasi diperoleh dari hasil analisis inferensial dengan nilai sig (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Besar pengaruh media animasi diperoleh sebesar 1,36 yang tergolong tinggi. Berdasarkan data di atas maka apat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik tema 1 subtema keberagaman budaya bangsaku kelas IV MI Miftahussalam Wajok Hulu Tahun Pelajaran 2021/2022. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media animasi en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 1 SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU KELAS IV MI MIFTAHUSSALAM WAJOK HULU TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account