Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Problem internal
guru dalam pengelolaan pembelajaran tematik pada peserta didik kelas I di SD
Negeri 54 Pontianak. 2) Problem eksternal guru dalam pengelolaan pengelolaan
pembelajaran tematik pada peserta didik kelas I di SD Negeri 54 Pontianak. 3) Cara
guru mengatasi problem dalam pengelolaan pembelajaran tematik pada peserta
didik kelas I di SD Negeri 54 Pontianak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sebanyak dua orang
guru kelas I A dan I B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu kondensasi
data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Problem internal guru dalam pengelolaan
pembelajaran tematik yaitu, minimnya pemahaman guru dalam penyusunan
perangkat pembelajaran, minimnya kemampuan guru dalam mengaitkan materi
pelajaran satu dengan yang lainnya, minimnya keterampilan guru dalam
menentukan alokasi waktu pembelajaran, guru kurang terampil dalam penerapan
metode mengajar. 2) Problem eksternal guru dalam pengelolaan pengelolaan
pembelajaran tematik yaitu, kurangnya kedisiplinan dan ketertiban peserta didik,
kurang aktif dan antusiasnya peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar,
fasilitas sekolah yang kurang mendukung, kurangnya kemampuan peserta didik
dalam membaca, kurangnya dukungan orang tua pada peserta didik, guru kesulitan
dalam menerapkan kurikulum 2013. 3) Cara guru mengatasi problem dalam
pengelolaan pembelajaran tematik yaitu, mengikutsertakan guru dalam pelatihan
KKG yaitu kelompok kerja guru, meningkatkan profesionalisme guru, menentukan
metode dan pelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, memberikan
pelatihan dan jam tambahan kepada peserta didik.menjalin komunikasi yang
intensif baik dengan peserta didik mampun orang tuanya.