Abstract:
Perlunya pengelolaan kelas karena tingkah laku dan perbuatan peserta
didik selalu berubah-ubah setiap harinya. Peserta didik dapat belajar dengan
tenang pada hari ini tetapi belum tentu pada keesokan harinya. Guru dituntut
mampu menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta dapat
menetralkan keadaan apabila terjadi gangguan di kelas selama proses
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru
dalam melakukan pengelolaan kelas dalam pembelajaran tematik, serta faktorfaktor pendukung yang mempengaruhi pengelolaan kelas.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi data,
penyajian data, dan menyimpulkan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas III E MIN 2 Pontianak
sudah memahami dan memiliki kemampuan dalam mengelola kelas yang cukup
baik dilihat dari prinsip-prinsip pengelolaan kelas. Guru sudah menunjukkan sikap
hangat dan antusias, memberi tantangan dalam kelas, penggunaan variasi,
memberika penguatan, penanaman disiplin, memperhatikan kondisi fisik
lingkungan kelas. Hanya saja pada penerapan penggunaan metode pembelajaran
yang belum sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan belum ada menerapkan
media pembelajaran yang bervariasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi
pengelolaan kelas yaitu: 1) kondisi fisik peserta didik yang baik, 2) kemampuan
kognitif peserta didik, 3) motivasi belajr yang tinggi, 4) adanya bakat dan minat
peserta didik, 5) kondisi fisik kelas yang baik, 6) sarana dan prasarana sekolah
yang mendukung, 7) kondisi organisasional sekolah yang jelas.