PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III E DI MIN 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.author Apriliana, Ela Farila
dc.date.accessioned 2023-03-29T03:05:09Z
dc.date.available 2023-03-29T03:05:09Z
dc.date.issued 2022-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2622
dc.description.abstract Perlunya pengelolaan kelas karena tingkah laku dan perbuatan peserta didik selalu berubah-ubah setiap harinya. Peserta didik dapat belajar dengan tenang pada hari ini tetapi belum tentu pada keesokan harinya. Guru dituntut mampu menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta dapat menetralkan keadaan apabila terjadi gangguan di kelas selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam melakukan pengelolaan kelas dalam pembelajaran tematik, serta faktorfaktor pendukung yang mempengaruhi pengelolaan kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas III E MIN 2 Pontianak sudah memahami dan memiliki kemampuan dalam mengelola kelas yang cukup baik dilihat dari prinsip-prinsip pengelolaan kelas. Guru sudah menunjukkan sikap hangat dan antusias, memberi tantangan dalam kelas, penggunaan variasi, memberika penguatan, penanaman disiplin, memperhatikan kondisi fisik lingkungan kelas. Hanya saja pada penerapan penggunaan metode pembelajaran yang belum sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan belum ada menerapkan media pembelajaran yang bervariasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan kelas yaitu: 1) kondisi fisik peserta didik yang baik, 2) kemampuan kognitif peserta didik, 3) motivasi belajr yang tinggi, 4) adanya bakat dan minat peserta didik, 5) kondisi fisik kelas yang baik, 6) sarana dan prasarana sekolah yang mendukung, 7) kondisi organisasional sekolah yang jelas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengelolaan Kelas en_US
dc.subject Kemampuan Guru en_US
dc.subject Pembelajaran Tematik en_US
dc.title PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III E DI MIN 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account